Rangkaian Misi Luar Angkasa dan Fenomena Alam di Desember 2020

Selasa, 15 Desember 2020 - 10:22 WIB
loading...
Rangkaian Misi Luar Angkasa dan Fenomena Alam di Desember 2020
Beragam misi luar angkasa sudah disiapkan di bulan Desember 2020. Pada bulan yang sama juga terjadi fenomena seperti astreoid. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tahun 2020 akan segera berakhir, tapi warga Bumi tampaknya belum puas untuk mengeksplorasi luar angkasa dengan berbagai penelitian dan kepentingan komersial. (Baca juga: Manusia Tengah Berada di Zaman Keemasan Misi Ruang Angkasa )

Dirangkum dari berbagai sumber seperti NASA, ESA, Roscosmos, Spaceflight Now, dan lainnya, berikut ini jadwal peluncuran program ruang angkasa yang sudah disiapkan sepanjang Desember 2020.

15 Desember
- Rocket Lab Electron akan meluncurkan satelit radar aperture sintetis StriX untuk perusahaan pencitraan Bumi Jepang, Synspective. Misi yang dijuluki "Owl's Night Begins" akan lepas landas dari Semenanjung Mahia di Selandia Baru.

- Startup penerbangan luar angkasa swasta, Astra, berencana meluncurkan Roket 3.2 dua tingkat setinggi 38 kaki (12 meter) dari Kompleks Pelabuhan Luar Angkasa Pasifik di Pulau Kodiak, Alaska.

16 Desember
Pesawat antariksa Cygnus CRS-14 milik Northrop Grumman akan meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan terbakar di atmosfer Bumi. NASA akan menyiarkan liputan langsungnya, sekitar 15 menit sebelum keberangkatannya.

17 Desember
Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) akan menggunakan Kendaraan Peluncur Satelit Polar (PSLV-C50) untuk meluncurkan satelit komunikasi CMS 1. Pesawat akan lepas landas dari Pusat Antariksa Satish Dhawan di Sriharikota, India.

- Roket SpaceX Falcon 9 akan meluncurkan muatan pesawat ruang angkasa rahasia untuk Kantor Pengintaian Nasional AS. Misi tersebut, diberi nama NROL-108, akan lepas landas dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

- Roket Soyuz Rusia akan meluncurkan sekitar 36 satelit ke orbit konstelasi satelit komunikasi OneWeb. Misi, berjudul OneWeb 4, akan diluncurkan dari Vostochny Cosmodrome di Rusia.

20 Desember
China akan meluncurkan roket Long March 8 pada penerbangan perdananya. Pesawat itu akan lepas landas dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di Hainan membawa muatan rahasia yang diberi nama "XJY 7".

21-22 Desember
Hujan meteor Ursid mencapai puncaknya.

28 Desember
Roket Arianespace Soyuz akan meluncurkan satelit pengintai militer Composante Spatiale Optique (CSO-2) kedua untuk badan antariksa Prancis CNES dan DGA, badan pengadaan pertahanan Prancis. Pesawat akan lepas landas dari Pusat Luar Angkasa Guyana di Guyana Prancis. (Baca juga: Penguatan Rupiah Diramal Terbatas, Masih Ditopang Optimisme Vaksin )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)