Asteroid Natal Berukuran 2x Lapangan Sepak Bola Hari Ini Dekati Bumi

Jum'at, 25 Desember 2020 - 03:37 WIB
Asteroid Natal Berukuran 2x Lapangan Sepak Bola Hari Ini Dekati Bumi
The Sun melaporkan, Asteroid Natal akan berada dalam jarak paling dekat dengan Bumi pada pukul 20.20 waktu Inggris. Foto/Ist
HOUSTON - NASA sedang mengawasi asteroid besar yang akan melewati Bumi pada Hari Natal. Batu antariksa 501647 (2014 SD224) ada dalam daftar "Close Approach" badan antariksa AS d an lebarnya bisa mencapai 689 kaki atau 2x lapangan sepak bola. (Baca juga: Sampel Asteroid Ryugu Menjawab Kebenaran Tata Surya dari "Induk" yang Sama )

Diperkirakan Asteroid Natal datang dalam jarak 1,9 juta mil dari Bumi. Ini mungkin tampak seperti tidak ada risiko sama sekali, tapi dalam hal ruang benda langit cukup dekat dengan Bumi.

Setiap benda luar angkasa yang bergerak cepat dan datang dalam jarak sekitar 4,65 juta mil dianggap "berpotensi berbahaya" oleh NASA. Batuan luar angkasa itu diperkirakan akan meluncur melewati planet yang kita pada 25 Desember 2020.

The Sun melaporkan, Asteroid Natal akan berada dalam jarak paling dekat dengan Bumi pada pukul 20.20 waktu Inggris. Menurut tabel Close Approach NASA, asteroid yang jauh lebih kecil bernama 2020 XY juga akan terbang lebih awal pada hari yang sama.

Asteroid ini bisa mencapai lebar 144 kaki tetapi jaraknya lebih jauh. Diperkirakan asteroid itu akan melesat pada jarak 3,6 juta mil dari Bumi. (Baca juga: Sejalan dengan Muhammadiyah, Bank Syariah Indonesia Ingin Majukan UMKM )

Asteroid 501647 (2014 SD224) yang lebih besar dan lebih dekat melaju dengan kecepatan sekitar 22.000 mph. NASA telah memberi label pada kedua asteroid sebagai Objek Dekat Bumi (NEO).