Rabu, 06 Januari 2021 - 12:28 WIB
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020
Para astronom mendeteksi planet asing dengan melihatnya lewat di antara Bumi dan bintangnya. Suatu hari nanti mereka bahkan mungkin mempelajari atmosfer. Foto/Ist
JAKARTA - Penemuan medis mendominasi berita pada tahun 2020, lantaran pandemik COVID-19 yang menantang. Meski demikian, para astronom tetap melanjutkan pekerjaan mereka mengeksplorasi luar angkasa. (Baca juga: NASA Dipersenjatai Nuklir untuk Invasi Bulan dan Planet Mars )

Mereka mencari sinyal misteri melalui gelombang radio, menemukan galaksi baru, dan bahkan menemukan sistem bintang asing mana yang mungkin dapat mendeteksi Bumi .

Disitat dari laman Space.com, berikut ini 9 (sembilan) penemuan ruang angkasa yang mungkin terlewatkan oleh Anda di 2020:

1. Gelombang Radio dari Dunia Asing
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

Penggambaran seorang seniman tentang planet ekstrasurya Tau Boötes b menunjukkan medan magnet, yang dapat menyebabkan emisi radio yang diyakini telah dideteksi oleh para ilmuwan. Foto: Jack Madden/Cornell University

Planet-planet di tata surya memancarkan gelombang radio, terutama Jupiter dengan medan magnetnya yang kuat. Tapi tidak ada yang pernah mendeteksi gelombang radio yang datang dari planet di luar tata surya hingga tahun ini, ketika para peneliti mengambil sinyal dari raksasa gas di sistem Tau Bootes. Jaraknya hanya 51 tahun cahaya dari Bumi.

Sinyal itu dapat membantu mereka mempelajari lebih lanjut tentang medan magnet planet ekstrasurya. Ini dapat menawarkan petunjuk tentang apa yang terjadi di atmosfernya.

2. Gumpalan Sinar-X Meledak dari Bima Sakti
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

Peta warna palsu ini menunjukkan gelembung sinar-X yang baru ditemukan (kuning dan merah) yang menjulang di atas pusat galaksi. Foto: MPE/IKI

Jutaan tahun lalu, sebuah ledakan di pusat Bima Sakti meledakkan materi berenergi di atas dan di bawah piringan galaksi. Materi itu masih terlihat, bersinar dalam spektrum sinar gamma dalam dua gumpalan yang ditemukan pada tahun 2010, yang dikenal sebagai Gelembung Fermi.

Pada 2020, para peneliti menemukan sepasang gumpalan lain di wilayah yang sama, terlihat dalam spektrum sinar-X. Kemungkinan terkait dengan gelembung Fermi, fitur redup dan raksasa dari menara Bima Sakti di atas Gelembung Fermi 25.000 tahun cahaya, dengan lebar 45.000 tahun cahaya dari ujung ke ujung. Peneliti menamakannya "gelembung eROSITA".

3. Pendorong Roket yang Telah Lama Hilang