Deretan Mobil yang Mengiringi Peristiwa Bersejarah Dunia, Salah Satunya Penyebab PD I

Selasa, 12 Januari 2021 - 15:23 WIB
loading...
Deretan Mobil yang Mengiringi Peristiwa Bersejarah Dunia, Salah Satunya Penyebab PD I
Ilustrasi foto/SINDOnews/Masyhudi
A A A
INDUSTRI automotif di dunia mulai berkembang sejak 1769 saat mobil pertama kali diciptakan. Sejak saat itu, industri automotif berkembang pesat. Setiap tahun produsen mobil memproduksi puluhan juta mobil yang sebagian besar akan dibeli dan dijual beberapa kali sebelum akhirnya dihancurkan dan didaur ulang.

Dari ribuan bahkan jutaan jenis mobil, banyak yang tidak diketahui oleh masyarakat umum sampai akhirnya menjadi terkenal karena terlibat dalam kecelakaan hebat atau peristiwa bersejarah tertentu.Berikut deretan mobil paling bersejarah atau paling terkenal yang pernah diluncurkan. (Baca: 10 Sniper Paling Mematikan Sepanjang Sejarah)

1. 770-K Mercedes Benz staff cars (Mobil pribadi Adolf Hitler)

Deretan Mobil yang Mengiringi Peristiwa Bersejarah Dunia, Salah Satunya Penyebab PD I


Dua mobil 770-K Mercedes Benz yang dipakai pemimpin Nazi Adolf Hitler diketahui masih utuh hingga hari ini. Mobil 770-K Mercedes Benz Hitler yang pertama berhasil diamankan tentara Amerika dalam masa perang. Saat ini mobil tersebut berada di Canadian War Museum di Ottawa, Kanada setelah melalui banyak pemilik sebelum akhirnya disumbangkan ke pihak museum.

Kemudian mobil Mercedes-Benz yang kedua dihadiah Hitler kepada Carl Gustav Mannerheim setelah pihak Jerman dan Finlandia bersekutu. Tidak pernah dipakai, mobil tersebut kemudian dikirim ke Swedia untuk disimpan sebelum akhirnya terlupakan dan dijual oleh pihak Swedia ke orang Amerika. Selain yang berada di Museum Jerman sendiri, masih ada beberapa mobil yang tersimpan rapi di garasi kolektor sejumlah orang kaya
dunia.

2. Ford Lincoln Continental 1972 (Mobil Presiden AS Ronald Reagan saat terjadi percobaan
pembunuhan)

Deretan Mobil yang Mengiringi Peristiwa Bersejarah Dunia, Salah Satunya Penyebab PD I


Ford Lincoln Continental tahun 1972 ini mungkin adalah mobil favorit pelaku percobaan pembunuhan
terhadap presiden Amerika Serikat. Dua percobaan pembunuhan terhadap presiden terjadi saat di mobil jenis ini. Pertama, terjadi pada September 1975 saat Sarah Jane Moore menembak Presiden AS ke 38, Jerry Ford.

Yang kedua adalah Ronald Reagen, presiden ke-40 AS yang ditembak saat hendak masuk ke dalam Ford Lincoln Continental di tahun 1981. Beruntung, kedua percobaan tersebut gagal. (Baca juga: Negara-negara yang Terpaksa Berganti Nama, Cek Alasannya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)