India dan China Uji Ketahanan Vaksin Terhadap Mutasi COVID yang Cepat Menyebar

Rabu, 13 Januari 2021 - 02:00 WIB
loading...
India dan China Uji Ketahanan Vaksin Terhadap Mutasi COVID yang Cepat Menyebar
Investigasi sedang dilakukan di China dan India karena kekhawatiran varian SARS-CoV-2 baru dapat merusak vaksin COVID-19. Foto/ist
A A A
NEW DELHI - Pembuat vaksin di India dan China sedang menyelidiki, apakah vaksin COVID-19 yang baru-baru ini disetujui efektif melawan varian SARS-CoV-2 yang menyebar cepat , dan sekarang beredar di seluruh dunia. Langkah ini mengikuti investigasi serupa oleh pembuat vaksin terkemuka lainnya. (Baca juga: Vaksin Covid-19 Sudah Datang, Tantangan Vaksinasi Menghadang )

Covaxin, yang dikembangkan oleh Indian Council of Medical Research (ICMR) di New Delhi dan Bharat Biotech di Hyderabad, adalah salah satu dari beberapa vaksin peluncuran pertama yang menggunakan seluruh virus yang tidak aktif untuk memperoleh tanggapan kekebalan. Tiga vaksin SARS-CoV-2 lainnya yang tidak aktif telah disetujui atau diberikan untuk penggunaan darurat di China.

Para peneliti di India berteori, vaksin whole-virus dapat bekerja lebih baik melawan varian baru daripada vaksin yang mengandalkan protein lonjakan virus, seperti yang dibuat oleh Pfizer dan BioNtech, Moderna, dan University of Oxford dan AstraZeneca.

"Jika suatu varian lolos dari respons imun yang diarahkan pada lonjakan protein, vaksin virus utuh dapat berarti bahwa area rentan virus lainnya dapat diserang," kata Srinath Reddy, ahli epidemiologi dan Kepala Yayasan Kesehatan Masyarakat India di New Delhi.
India dan China Uji Ketahanan Vaksin Terhadap Mutasi COVID yang Cepat Menyebar

“Itu masih berdasarkan teori,” katanya. “Belum ada yang ditunjukkan.” (Baca juga: Ada Jejak India, Majapahit, dan Belanda di Pulau Sabu )

Pemerintah India mengutip teori ini ketika memberikan persetujuan penggunaan darurat Covaxin pada 3 Januari 2021. Walaupun uji klinis keamanan dan kemanjuran fase III belum selesai.

“Persetujuan ini memastikan India memiliki pelindung vaksin tambahan di gudang 'persenjataannya', terutama terhadap strain mutan potensial dalam situasi pandemi yang dinamis -Keputusan strategis untuk keamanan vaksin kami,” cuit Menteri Kesehatan India, Harsh Vardhan, di akun Twitter-nya.

Ahli virologi ICMR Nivedita Gupta, mengatakan, para ilmuwan dewan sedang menguji apakah antibodi yang ditemukan dalam darah orang yang divaksinasi dengan Covaxin efektif dalam memblokir varian yang muncul di Inggris, yang disebut B.1.1.7. Diketahui, virus yang bermutasi itu sekarang juga beredar di India. "Hasilnya diharapkan keluar akhir bulan ini," katanya.

Laman Nature.com menyebutkan, dua tim peneliti di China telah menguji apakah mutasi spesifik pada lonjakan protein B.1.1.7 dapat membahayakan vaksin tidak aktif yang dikembangkan oleh Sinopharm, perusahaan farmasi yang dikelola negara. Mereka melaporkan, antibodi yang diproduksi oleh monyet dan manusia tervaksinasi dapat menetralkan varian tersebut dan hasilnya telah dikirimkan untuk dipublikasikan. Perusahaan sendiri belum merilis data kemanjuran rinci dari uji klinis vaksin. ( Baca juga: COVID-19 Diam-diam Menyebar Lagi di Wuhan, Pemerintah China Berbohong? )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)