Bisa Lebih Ganas dari B.1.1.7 , AS Waspadai Virus Corona L452R di California

Kamis, 21 Januari 2021 - 00:51 WIB
loading...
Bisa Lebih Ganas dari  B.1.1.7 , AS Waspadai Virus Corona L452R di California
Ilmuwan belum tahu apakah varian L452R lebih dapat ditularkan daripada jenis SARS-CoV-2 lainnya. Tetapi kehadirannya di beberapa wabah yang tidak terkait membuat pejabat kesehatan waspada. Foto/Ist
A A A
CALIFORNIA - Varian virus Corona yang mengkhawatirkan ditemukan di saat wabah di California semakin menjadi-jadi, termasuk wabah besar di San Jose di mana kostum pohon Natal bertenaga udara menyebabkan 90 orang terinfeksi , menurut laporan berita.

Para ilmuwan belum tahu apakah varian, yang disebut L452R, lebih dapat ditularkan daripada jenis SARS-CoV-2 lainnya, virus yang menyebabkan COVID-19 . Tetapi kehadirannya di beberapa wabah yang tidak terkait membuat pejabat kesehatan waspada.

"Fakta bahwa varian ini diidentifikasi dalam beberapa wabah besar di daerah kami adalah bendera merah dan harus diselidiki lebih lanjut," kata petugas kesehatan Santa Clara County, Sara Cody dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan Live Science.

Varian L452R berbeda dari varian B.1.1.7 yang pertama kali ditemukan di Inggris Raya dan kemudian ditemukan di Colorado, serta sembilan negara bagian AS lainnya. Para peneliti menghitung bahwa varian B.1.1.7 antara 50% dan 74% lebih dapat ditularkan daripada jenis virus Corona standar. Strain baru itu dapat mendominasi kasus virus Corona AS pada Maret mendatang, mengingat kecenderungannya untuk menyebar.

Untungnya, vaksin kemungkinan akan bekerja melawan varian B.1.1.7, tetapi dapat memberikan tekanan yang parah pada sistem perawatan kesehatan. Ini pada akhirnya menyebabkan kematian meningkat sebelum sebagian besar populasi umum dapat divaksinasi.

Sedikit yang diketahui tentang L452R. Varian itu pertama kali terdeteksi pada Mei 2020, tetapi menjadi semakin umum sejak musim gugur. Menurut Eureka Times-Standard, varian L452R ditemukan di sekitar 3,8% kasus yang mengikuti urutan gen pada bulan November.

Pada akhir Desember hingga awal Januari, varian tersebut diwakili dalam 25,2% sampel virus yang diurutkan. Namun, relatif sedikit sampel yang telah diurutkan, dan pengurutan tidak dilakukan secara merata di seluruh negara bagian.

Menurut Departemen Kesehatan Masyarakat Santa Clara County, varian baru telah ditemukan di Santa Clara County, Humboldt, Lake, Los Angeles, Mono, Monterey, Orange, Riverside, San Francisco, San Bernardino, San Diego dan San Luis Obispo counties. Tetapi terlalu dini untuk mengatakan berapa banyak kasus secara keseluruhan di California yang disebabkan oleh varian L452R.

Hanya karena varian virus tertentu mulai menaungi virus lainnya tidak berarti bahwa jenis virus tersebut lebih mudah menular. Kadang-kadang ketegangan hanya beruntung, berkembang biak dengan sendirinya dalam beberapa peristiwa yang menyebar yang memicu lebih banyak infeksi di seluruh komunitas.

"Kenaikan L452R bertepatan dengan lonjakan jumlah kasus virus Corona di California, yang memungkinkan mutasi dibawa oleh lonjakan daripada menyebabkannya," kata spesialis penyakit menular Trevor Bedford di Twitter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2110 seconds (0.1#10.140)