Benarkan Orang yang Divaksin Covid-19 Dilarang Donor Darah Selama Setahun?

Senin, 25 Januari 2021 - 11:55 WIB
loading...
Benarkan Orang yang Divaksin Covid-19 Dilarang Donor Darah Selama Setahun?
Salah satu informasi yang dipertanyakan publik adalah apakah benar orang yang sudah divaksin Covid-19 tidak boleh atau tidak disarankan mendonorkan darahnya selama satu tahun.
A A A
JAKARTA - Vaksin Covid-19 menjadi isu yang banyak dibahas di masyarakat. Bukan hanya soal kemanjuran atau efek sampingnya, tapi juga isu miring yang mengkhawatirkan orang lain.

Salah satu informasi yang dipertanyakan publik adalah apakah benar orang yang sudah divaksin Covid-19 tidak boleh atau tidak disarankan mendonorkan darahnya selama satu tahun?



Anggapan ini cukup meresahkan, terlebih karena anggapan tersebut, ada orang yang berpikiran bahwa stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) akan menipis bahkan habis karena pendonornya berkurang banyak.

Tapi, apakah informasi tersebut benar?

Benarkan Orang yang Divaksin Covid-19 Dilarang Donor Darah Selama Setahun?

Direktur Registrasi Obat Badan pengawas Obat dan Makanan sekaligus Juru Bicara Badan POM Dr. Lucia Rizka A menegaskan bahwa informasi tersebut salah besar.

"Itu informasi yang tidak benar. Sebab, penerima vaksin Covid-19 ini malahan sudah memiliki antibodi di dalam darahnya dan itu bagus," katanya saat Webinar 'UNPAR Fights Covid-19: Ensuring Covid-19 Vaccines Work', Minggu (24/1).

Rizka melanjutkan, para penyintas Covid-19 pun disarankan untuk melakukan donor plasma darah kepada orang lain. Jadi, untuk mereka yang divaksin Covid-19, tidak ada masalah jika ingin mendonorkan darahnya.



"Kalau kita sudah mendapatkan vaksin, antibodi di dalam tubuh kita tinggi sehingga darah kita bagus karena mengandung antibodi. Jadi kenapa tidak mendonorkan darah?," terangnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)