Fosil Pohon Berusia 20 Juta Tahun Ditemukan di Hutan Lesbos Yunani

Rabu, 27 Januari 2021 - 09:27 WIB
Fosil Pohon Berusia 20 Juta Tahun Ditemukan di Hutan Lesbos Yunani
Ilmuwan Yunani di pulau vulkanik Lesbos telah menemukan fosil pohon langka yang cabang dan akarnya masih utuh setelah 20 juta tahun. Foto/dok
LESBOS - Ilmuwan Yunani di pulau vulkanik Lesbos mengatakan mereka telah menemukan fosil pohon langka yang cabang dan akarnya masih utuh setelah 20 juta tahun.

Pohon itu ditemukan selama perbaikan jalan di dekat hutan kuno yang membatu jutaan tahun yang lalu di pulau Mediterania timur. Fosil pohon itu kemudian dibawa dari situs tersebut menggunakan alat khusus ketepat yang lebih aman. (Baca: Penambang Maroko Temukan Fosil Ikan Purba dengan Gigi Setajam Gergaji)

Profesor Nikos Zouros dari Museum Sejarah Alam Hutan yang Membatu Lesbos mengatakan, ini adalah pertama kalinya pohon ditemukan dalam kondisi bagus lengkap dengan cabang dan akarnya sejak penggalian dimulai pada 1995.

“Ini adalah penemuan yang unik. Pohon ini diawetkan dalam kondisi sangat baik dan dari mempelajari fosil kayu kami akan dapat mengidentifikasi jenis tanaman asalnya," kata Zouros dikutip Reuters.

Hutan Lesbos yang membatu merupakan sebuah situs seluas 15.000 hektare yang dilindungi UNESCO. Kondisi ini hasil dari letusan gunung berapi 20 juta tahun lalu yang membekap ekosistem hutan subtropis pulau itu dalam lahar. (Baca juga: Fosil Ini Membuktikan Kalau Dinosaurus Juga Mengerami Telurnya)

Pohon yang membatu, panjangnya sekitar 19 meter, diawetkan oleh lapisan tebal abu vulkanik setelah tumbang. Sejumlah besar daun pohon buah ditemukan di tempat yang sama, menambah gambar beserta tulang hewan.

“Selama penggalian, berbagai ekosistem hutan yang ada antara 17 dan 20 juta tahun lalu di Lesbos sudah ditemukan. Penemuan ini membantu kami untuk merekonstruksi ekosistem yang ada selama periode itu,” kata Zouros.