Pahatan Elang Berusia 600 Tahun Ditemukan di Kuil Suci Aztec Meksiko

Minggu, 31 Januari 2021 - 07:38 WIB
loading...
Pahatan Elang Berusia 600 Tahun Ditemukan di Kuil Suci Aztec Meksiko
Relief elang emas ditemukan di dekat kaki Templo Mayor. Foto/Mirsa Islas
A A A
MEKSIKO - Patung Aztec berusia 600 tahun yang menggambarkan elang emas telah ditemukan di sebuah kuil kuno di Meksiko, arkeolog dari Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH). Pahatan elang, yang berukuran 41,7 inci kali 27,6 inci (106 kali 70 sentimeter), adalah pahatan relief terbesar yang pernah ditemukan di kuil.

Pahatan Elang diukir di lantai bangunan di kaki Templo Mayor - kuil ikonik berbentuk piramida yang dibangun di jantung ibu kota Aztec kuno Tenochtitlán dan sekarang menjadi Kota Meksiko modern. Para seniman kuno itu membuat relief dasar yang diukir dari batu pada pertengahan abad ke-15 pada masa pemerintahan Moctezuma I. (Baca: Topeng Suku Maya Ukuran Raksasa Ditemukan di Meksiko)

Arkeolog dari INAH menemukan ukiran itu pada Februari 2020 sebagai bagian dari musim kesembilan dari Proyek Walikota Templo, sebuah penggalian yang sedang berlangsung di situs suci tersebut.

Pahatan Elang Berusia 600 Tahun Ditemukan di Kuil Suci Aztec Meksiko


"Ini adalah karya yang sangat indah yang menunjukkan rahasia besar yang belum diungkapkan Wali Kota Templo Meksiko Tenochtitlán kepada kami," kata Alejandra Frausto Guerrero, sekretaris kebudayaan Meksiko, dalam sebuah pernyataan.

Templo Mayor, juga dikenal sebagai Kuil Agung , adalah bangunan besar berbentuk piramida yang berdiri di pusat Tenochtitlán dan merupakan jantung dari agama dan budaya Aztec. Di puncaknya terdapat dua kapel yang didedikasikan untuk Huitzilopochtli - dewa matahari dan perang dan juga pelindung kota - dan dewa hujan Tlaloc. Kuil itu adalah salah satu dari 78 bangunan yang membentuk kawasan suci Tenochitlan. (Baca juga: Fosil Pohon Berusia 20 Juta Tahun Ditemukan di Hutan Lesbos Yunani)

"Bagi suku Aztec, Templo Mayor berada di jantung alam semesta fisik, mitos dan spiritual," kata Caroline Dodds Pennock, sejarawan Aztec di University of Sheffield di Inggris, kepada Live Science melalui email.

Pemimpin Aztec Itzcoatl, yang memerintah antara tahun 1427 dan 1440, pertama kali membangun kuil tersebut pada awal abad ke-15. Penguasa selanjutnya Moctezuma I (yang memerintah dari 1440 hingga 1469) dan Ahuitzotl (yang memerintah dari 1486 hingga 1502) juga memberikan kontribusi yang signifikan pada kuil, sering kali membangun di atas struktur sebelumnya.

Pahatan Elang Berusia 600 Tahun Ditemukan di Kuil Suci Aztec Meksiko


Relief elang diukir di lantai salah satu bangunan di sebelah Templo Mayor dan telah ditutupi oleh lantai lain yang dibangun di atasnya selama pemerintahan Ahuitzotl.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)