Benarkah Ibu Hamil Bisa Menularkan Kekebalan Covid-19 kepada Bayinya?

Senin, 01 Februari 2021 - 09:29 WIB
loading...
Benarkah Ibu Hamil Bisa Menularkan Kekebalan Covid-19 kepada Bayinya?
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Jika seorang wanita tertular Covid-19 selama kehamilan, dapatkah bayinya memiliki kekebalan terhadap virus di dalam rahim? Data awal menunjukkan bahwa jawabannya adalah ya, namun masih perlu penelitian lebih lanjut.

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan pada 29 Januari di jurnal JAMA Pediatrics, para ilmuwan menganalisis sampel darah dari lebih dari 1.470 wanita hamil, 83 di antaranya dinyatakan positif antibodi untuk SARS-CoV-2, virus corona yang menyebabkan Covid-19. Sampel darah tali pusat dari sebagian besar bayi yang lahir dari wanita ini juga dites positif untuk antibodi, menunjukkan bayi-bayi tersebut mengambil kekebalan pasif ini. (Baca: Dalam Sehari Positif Covid-19 di Jakarta timur Capai 500 Kasus)

Jumlah antibodi yang diberikan kepada bayi sangat bergantung pada jenis dan jumlah antibodi yang ada pada ibu, dan kapan ia tertular Covid-19 selama kehamilan. “Semakin lama waktu antara infeksi dan persalinan ibu, semakin besar transfer antibodi,” kata Dr. Karen Puopolo dan Dr. Scott Hensley dari Fakultas Kedokteran Universitas Pennsylvania, dikutip Live Science.

Antibodi yang ditransfer dapat memberikan perlindungan kepada bayi yang baru lahir. Namun seberapa baik antibodi yang ditransfer sang ibu dapat memblokir virus corona ke bayinya, ilmuwan masih meneliti masalah ini. “Kami berharap memiliki data ini,” kata Dr. Flor Muñoz-Rivas, seorang profesor penyakit menular anak di Baylor College of Medicine di Houston.

Dengan mempelajari transfer antibodi setelah infeksi Covid-19 alami, kami dapat mengumpulkan petunjuk tentang apakah vaksin yang diberikan kepada orang hamil memberikan perlindungan serupa untuk bayi baru lahir, katanya.

Dalam studi baru, tim secara khusus menguji antibodi yang menempel pada protein lonjakan virus corona, struktur yang menempel di permukaan virus; antibodi yang dicari tim untuk semua menargetkan "domain pengikat reseptor" (RBD), bagian dari lonjakan yang mengikat langsung ke reseptor, atau pintu masuk, ke dalam sel. Antibodi RBD adalah yang paling penting untuk menetralkan virus corona. (Baca juga: Bumi Akan Kehilangan Bulan Kedua untuk Selamanya)

Tetapi tidak semua antibodi RBD dapat melewati plasenta, kata Muñoz-Rivas. Itu karena plasenta hanya memungkinkan antibodi tertentu masuk, menggunakan reseptor dan protein khusus yang mengangkut antibodi ke dalam organ. Hanya antibodi kecil berbentuk Y yang disebut imunoglobulin G (IgG) yang dapat masuk ke dalam reseptor, sehingga mereka sendiri dapat mencapai janin dan memberikan perlindungan kekebalan, katanya.

Tidak semua bayi mendapat perlindungan: 72 dari 83 bayi yang lahir dari ibu dengan antibodi positif memiliki IgG dalam darah tali pusatnya, dan jumlah keseluruhan berkorelasi dengan konsentrasi IgG dalam darah ibu mereka.

Sebanyak 11 bayi tersisa yang dites negatif untuk antibodi melakukannya karena dua alasan. Enam dari ibu bayi memiliki tingkat IgG yang relatif rendah, yang menunjukkan bahwa mereka mungkin "sangat awal dalam infeksi sehingga tidak ada waktu bagi mereka untuk memproduksi dan mentransfer antibodi melintasi plasenta. Lima ibu bayi lainnya hanya dinyatakan positif untuk antibodi IgM, yang tidak dapat melewati plasenta.

Antibodi IgM muncul di awal infeksi dan kemudian menghilang begitu infeksi sembuh, kata Muñoz-Rivas, jadi lima ibu yang hanya dites positif IgM berada pada tahap paling awal infeksi. Jika antibodi IgM muncul pada janin atau bayi baru lahir, hal ini menandakan bahwa janin tersebut terinfeksi virus secara langsung. Dalam penelitian ini, tidak ada IgM untuk SARS-CoV-2 yang terdeteksi pada sampel darah tali pusat, artinya tidak ada janin yang terjangkit Covid-19 saat masih dalam kandungan. (Baca juga: Manuskrip Babilonia Kuno Mengungkap Kisah Banjir Besar Mirip Bahtera Nuh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6772 seconds (0.1#10.140)