Lawan HondaJet, TATA Berencana Produksi Pesawat Terbang

Kamis, 04 Februari 2021 - 07:11 WIB
loading...
Lawan HondaJet, TATA Berencana Produksi Pesawat Terbang
TATA siap memproduksi pesawar terbang. FOTO/ IST
A A A
NEW DELHI - Tak mau kalah dengan Honda yang memproduksi pesawat terbang yakni HondaJet, Tata Group dikabarkan akan mengembangkan dan memproduksi pesawat militer setelah memperoleh hak cipta untuk menggunakan platform pesawat dari Jerman.



Seperti dilansir dari Zeebiz, Tata kini dikatakan berencana untuk mengintegrasikan berbagai jenis sensor dan mengubahnya menjadi aset pengumpulan intelijen.

Pesawat ketinggian tinggi dengan dua mesin tersebut diduga mampu memainkan sejumlah peran termasuk pemantauan perbatasan.

Pesawat dirancang untuk mendarat di atas rumput dan tar. Pesawat ini diharapkan dapat terbang 1.800 mil laut selama 6-7 jam dengan daya dukung lebih dari 1.000 kg.

Sekarang dalam tahap akhir pengujian di Jerman, pesawat tersebut diharapkan tiba di India dalam beberapa bulan.

Ini adalah pertama kalinya entitas swasta India memproduksi pesawat kelas militer. Hingga saat ini, pesawat militer hanya diproduksi oleh Hindustan Aeronautics milik negara.

Baca Juga: TataAdvanced Systems (TASL) dijadwalkan untuk memamerkan kemampuan pesawat di acara AeroIndia di Bengaluru minggu depan. Meskipun TASL tidak membagikan detail desain apa pun, pesawat tersebut dikatakan dibangun berdasarkan Grob G 180 SPn.

Pesawat buatan Jerman itu disebut-sebut tidak pernah mencapai jalur produksi karena kendala finansial. Sejauh ini, TASL belum menerima pesanan dari pihak manapun.

Namun, eksekutif seniornya mengatakan investasi tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan militer India di masa depan. Bahkan nantinya akan dibangun pabrik produksi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)