Misteri Siapa yang Dimakamkan di Sutton Hoo Inggris Belum Juga Terungkap

Rabu, 10 Februari 2021 - 10:35 WIB
loading...
Misteri Siapa yang Dimakamkan di Sutton Hoo Inggris Belum Juga Terungkap
Helm yang ditemukan di kuburan kapal Sutton Hoo adalah salah satu penemuan arkeologi paling ikonik yang ada di Inggris Raya. Foto/dok
A A A
LONDON - Hingga kini para arkeolog belum bisa mengungkap siapa yang dimakamkan di Sutton Hoo, Suffolk, Inggris. Banyak arkeolog yang memperkirakan bahwa itu adalah makam Raja Raedwald api belum ada bukti otentik yang menguatkan perkiraan itu dimakam berusia 1.400 tahun itu.

Areal pemakaman itu berisi banyak barang mewah dan terbaik yang mengisyaratkan kalau jenaah yang dimakamkan di sana bukan orang sembarangan. Para peneliti telah mempelajari artefak tersebut sejak sebuah tim, yang dipimpin oleh arkeolog Basil Brown, menemukan pemakaman tersebut pada tahun 1939. (Baca: Diyakini Pernah Dipakai Raja Daud, Arkeolog Temukan Potongan Kain Berusia 3.000 Tahun)

Pemakaman berisi banyak penguburan, meskipun banyak yang telah dirampok habis-habisan. Penguburan paling terkenal, dan yang terlewat oleh perampok, dikenal sebagai "pemakaman kapal besar" dan berisi sisa-sisa kapal sepanjang 88,6 kaki (27 meter) yang memiliki ruang pemakaman berisi 263 artefak.

Artefak ini termasuk gesper sabuk emas rumit yang menggambarkan relief ular, binatang buas, dan burung pemangsa. Mereka juga termasuk perak dan koin dari Kekaisaran Bizantium, pedang dengan gagang terbuat dari permata dan aksesoris gaun emas yang memiliki mineral garnet dari Sri Lanka.

Arkeolog menunjuk ke Raja Raedwald karena tanggal koin dan artefak lainnya cocok dengan waktu pemerintahannya. Lokasi Sutton Hoo di East Anglia dan kekayaan artefaknya menghubungkannya dengan dinasti kerajaan East Anglian.

Raja Raedwald memerintah sebuah kerajaan di East Anglia. Pada satu titik, dia membangun sebuah kuil yang memiliki altar Kristen dan altar pagan berdampingan, St. Bede (hidup 672-735 M). (Baca juga: UEA: Pesawat Luar Angkasa Hope Masuki Orbit Planet Mars)

Selain itu, Raedwald adalah raja terkemuka pada masanya, ikut campur dalam perselisihan tentang siapa yang seharusnya menjadi Raja Northumbria. Raja Raedwald juga mengirim pasukannya untuk memastikan bahwa Edwin menjadi raja.

Penguburan kapal Sutton Hoo dengan aksesoris hiasan yang terbuat dari emas dan permata - tampaknya cukup kaya untuk penguasa seperti itu. "Saya akan terkejut jika itu bukan Raedwald. Tanggal yang tepat, jumlah yang tepat. Saya sangat yakin jika itu (makam) Raedwald" kata Tom Williamson, seorang profesor sejarah di Universitas East Anglia di Inggris.

Penelitian Stahl tentang koin pemakaman perahu menunjukkan bahwa beberapa koin dicetak setelah tahun 595 M., tetapi semua koin tersebut mungkin dicetak sebelum tahun 613 M. "Masa pemerintahan dan kematian Raedwald sekitar tahun 627 sangat sesuai dengan kronologi ini," Kata Stahl.

Sementara, Howard Williams, seorang arkeologi di Universitas Chester di Inggris berpendapat lain. Dia mencatat bahwa meskipun Raedwald, atau mungkin raja Anglian Timur lainnya, dapat dimakamkan di Sutton Hoo. "Bisa jadi yang dikuburkan di sana merupakan raja dari kerajaan tetangga Saxon Timur," kata William kepada Live Science.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)