Berbobot 5.000 Kg, Pesawat Ruang Angkasa China Bawa Banyak Peralatan Canggih

Kamis, 11 Februari 2021 - 09:21 WIB
Berbobot 5.000 Kg, Pesawat Ruang Angkasa China Bawa Banyak Peralatan Canggih
Industri angkasa China tercatat mengalami kemajuan luar biasa dengan keberhasilan mengirim misi pesawat ruang angkasa ke Planet Mars. Foto/China
BEIJING - China tinggal selangkah lagi akan menyejajarkan diri dengan Amerika Serikat, Uni Soviet, India, UEA, dan Eropa, sebagai negara yang sanggup mengirim misi sains ke Planet Mars . Ya, misi Mars pertama China yang dibawa pesawat luar angkasa , Tianwen-1, telah tiba di orbit di sekitar Planet Merah, Rabu (10/2/2021).

China mengambil celah pertama di Mars pada November 2011, dengan pengorbit bernama Yinghuo-1 yang diluncurkan dengan misi pengembalian sampel Phobos-Grunt Rusia. Tapi Phobos-Grunt tidak pernah berhasil keluar dari orbit Bumi, Yinghuo-1 jatuh dan terbakar dengan wahana Rusia dan lainnya.

Tianwen-1 (yang berarti "Mempertanyakan Surga") adalah langkah maju yang besar dari Yinghuo-1. Sebagai permulaan, misi saat ini sepenuhnya dipimpin oleh China; itu dikembangkan oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China (dengan beberapa kolaborasi internasional) dan diluncurkan di atas roket China, Long March 5, pada 23 Juli 2020.

Jika penjelajah dan pendarat Tianwen-1 mendarat dengan selamat pada Mei nanti dan mulai bekerja, China akan menjadi negara kedua, setelah Amerika Serikat, yang berhasil mengoperasikan pesawat ruang angkasa di permukaan Planet Merah dalam waktu yang cukup lama.

Tianwen-1 juga jauh lebih ambisius daripada pengorbit sebelumnya, yang beratnya kurang dari 115 kilogram. Tianwen-1 memiliki berat sekitar 5.000 kg saat peluncuran, dan terdiri dari pengorbit dan duo penjelajah pendarat.

Pesawat ini akan mengukur Mars dengan berbagai cara. Pengorbit, misalnya, akan mempelajari planet dari atas menggunakan kamera resolusi tinggi, spektrometer, magnetometer, dan instrumen radar pemetaan es, di antara peralatan ilmiah lainnya.

Pengorbit juga akan menyampaikan komunikasi dari penjelajah, yang memiliki rangkaian ilmiah yang mengesankan. Di antara perlengkapan penjelajah tersebut adalah kamera, instrumen iklim dan geologi, serta radar penembus tanah, yang akan mencari kantong air di bawah tanah merah Mars.

"Di Bumi, kantong-kantong ini dapat menampung komunitas mikroba yang berkembang pesat, jadi mendeteksinya di Mars akan menjadi langkah penting dalam pencarian kami untuk kehidupan di dunia lain," tulis Planetary Society dalam deskripsinya tentang misi Tianwen-1.

Pendarat, sementara itu, akan berfungsi sebagai platform untuk penjelajah, menyebarkan jalan yang akan digulingkan oleh kendaraan beroda ke permukaan Mars. Pengaturannya mirip dengan yang digunakan China di bulan dengan penjelajah Chang'e 3 dan Chang'e 4, yang terakhir masih kuat beroperasi di satelit berbatu Bumi tersebut.