Masuki Orbit Mars, Tianwen-1 China Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek ke Bumi

Sabtu, 13 Februari 2021 - 07:33 WIB
Masuki Orbit Mars, Tianwen-1 China Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek ke Bumi
China merilis dua video dari pesawat ruang angkasa Tianwen-1 yang memberikan gambaran sekilas tentang Mars pada hari Jumat (12 Februari 2021) bertepatan dengan Tahun Baru Imlek. Foto/Tangkapan Layar CNSA
BEIJING - China merilis dua rekaman video dari pesawat Tianwen-1 yang memberikan gambaran sekilas tentang Mars pada hari Jumat (12 Februari 2021) bertepatan dengan Tahun Baru Imlek. Pengiriman dua rekaman Tianwen-1 di Mars ini menjadi ucapan selamat tahun baru Imlek terhadap Bumi.

Setelah perjalanan selama 6,5 bulan melintasi ruang angkasa, Tianwen-1 pada hari Rabu 10 Februari 2021 melambat ke kecepatan yang dapat ditangkap oleh tarikan gravitasi Mars. (Baca: Susul Hope, Pesawat Ruang Angkasa China Masuki Orbit Mars)

Tianwen-1 sendiri menjadi pesawat ruang angkasa kedua yang mencapai planet Mars bersama pesawat ruang angkasa AS. Misi Tainwen-1 di Mars akan segera dilakukan setelah melakukan pendaratan minggu depan.

Kedua klip itu, berdurasi kurang dari satu menit, adalah yang pertama dirilis oleh Badan Antariksa Nasional China dari Tianwen-1 yang memasuki orbit. (Baca juga: NASA Merekam Pemandangan Menakjubkan Sungai Emas di Amazon Peru)

“Berkah Tahun Baru Tianwen-1 datang dari Mars yang jauh,” kata CNSA pada hari Jumat 12 Februari 2021,seperti dilansir Reuters.

Rekaman, diambil dari kamera yang terpasang pada pesawat yang tidak berawak itu menunjukkan bergetar saat pendorong bertenaga surya dinyalakan untuk memperlambatnya. Garis besar Mars dan bahkan kawah di permukaan planet terlihat di latar belakang saat probe meluncur. (Baca juga: Nelayan di Teluk Maine Temukan Lobster Langka Berwarna Kuning)

"Panel surya, antena pengarah, atmosfer Mars, dan topografi permukaan terlihat jelas," kata CNSA.