Tiawen-1 China Dijadwalkan Mendarat di Mars Mei 2021

Senin, 15 Februari 2021 - 12:05 WIB
Tiawen-1 China Dijadwalkan Mendarat di Mars Mei 2021
China menjadi salah satu negara yang berhasil mencapai Mars dalam misi pertamanya. Foto: ist
BEIJING - Tiawen-1 , wahana ruang angkasa Mars pertama milik China, berhasil mencapai orbit planet Mars pada Rabu (10/2) pekan lalu.

Tiawen-1 akan melakukan beberapa koreksi jalur orbit sebelum akhirnya memilih tempat pendaratan dan dijadwalkan mendarat antara Mei dan Juni.

Rover atau robot penjelajah Tianwen-1 akan di daratkan di kawasan bernama Utopia Planitia. Jika sesuai rencana, proses pendaratan disebut bakal berlangsung hanya tujuh menit, namun pendaratan ini jadi momen paling menegangkan yang menentukan keberhasilan misi China di Planet Mars.

Setelah masuk ke gravitasi Mars, Tianwen-1 akan mulai mengorbit di planet, di mana ia akan memeriksa bentang alam dan melakukan survei permukaan Mars, terutama kelayakan tempat pendaratan yang telah ditetapkan.

"Jika bentuk lahan dari area pendaratan yang telah ditetapkan memberikan hasil yang tidak layak, pesawat ruang angkasa perlu menyesuaikan atau memutuskan tempat baru untuk mendarat, yang berarti bahwa mengorbit akan bertahan lebih lama untuk memastikan pendaratan yang aman," kata Wang Ya'nan, pemimpin redaksi Majalah Aerospace Knowledge, dikutip dari Global Times, Senin (15/2).

Wang menambahkan bahwa pendaratan di Mars akan lebih sulit daripada di bulan karena tidak ada atmosfer yang mengganggu manuver pendaratan di bulan, tetapi lingkungan di Planet Merah jauh lebih rumit.

Memiliki berat lebih dari 5 ton dengan tinggi dan diameter mencapai empat meter, Tianwen-1 menjadi yang terbesar dan terberat dari tiga wahana lain milik NASA dan UEA.

Setelah 15 menit lepas landas dari mesin dorong 3.000 newton, pesawat ruang angkasa itu mencapai orbit Mars elips sekitar 400 kilometer dari planet Mars, demikian menurut pernyataan China’s National Space Administration (CNSA).

China menjadi negara keenam yang telah mengirim pesawat ruang angkasa ke orbit di sekitar Mars, setelah sebelumnya ada Uni Soviet, AS, Badan Antariksa Eropa, India, dan UEA.

Dua puluh empat jam lebih cepat dari Tianwen-1 China, misi Mars pertama UEA, Hope, memasuki orbit Mars pada Selasa malam, dalam misi untuk mempelajari atmosfer dan cuaca planet. Sementara pendaratan robot penjelajah milik NASA diharapkan berlangsung pada 18 Februari.