Foto-foto Indah Kawah Jezero, Lokasi Pendaratan Perseverance NASA di Mars

Rabu, 17 Februari 2021 - 07:32 WIB
loading...
Foto-foto Indah Kawah Jezero, Lokasi Pendaratan Perseverance NASA di Mars
Kawah Jezero terletak tepat di atas ekuator Mars di belahan bumi timur Planet Merah, tempat pesawat ruang angkasa canggih NASA, Perseverance, mendarat. Foto/Shutterstock/Live Science
HOUSTON - NASA dijadwalkan mendaratkan helikopter Perseverance rover dan Ingenuity di Mars pada 18 Februari 2021. NASA pun mengonfirmasi bahwa pesawat ruang angkasanya akan mendarat di Kawah Jezero. Baca juga: Ini Cara Pesawat Ruang Angkasa NASA Mendarat di Planet Mars

Kawah ini terletak di daerah yang disebut Isidis Planitia, tepat di utara ekuator di belahan timur Mars. Dataran datar ini terletak di dalam cekungan raksasa selebar 750 mil (1.200 kilometer) yang dibentuk sejak 3 miliar hingga 4 miliar tahun lalu ketika sebuah komet atau asteroid besar menghantam Planet Merah.

Meteorit yang lebih kecil, beberapa waktu kemudian, menciptakan Jezero di dalam cekungan benturan yang lebih besar ini. Bukti menunjukkan sebuah sungai pernah mengalir ke Jezero, di mana ia membentuk delta yang telah lama mengering, menurut NASA.

Berikut ini sekilas tentang tempat mendarat Perseverance yang terlihat apik dalam galeri foto, seperti yang dirangkum laman Live Science:



Perseverance Tidak Sendiri
Foto-foto Indah Kawah Jezero, Lokasi Pendaratan Perseverance NASA di Mars

Foto/NASA/JPL-Caltech

Perseverance mengikuti sejumlah pendaratan Mars yang sukses. Misalnya, pesawat ruang angkasa robotik bernama Phoenix mendarat di wilayah Mars 'Vastitas Borealis pada 25 Mei 2008, dan beroperasi hingga 2 November 2008.

Lokasi itu setara dengan Alaska dalam hal garis lintang. Kemudian, pada 20 Juli 1976, Viking 1 itu menjadi pesawat ruang angkasa kedua yang mendarat di Mars. Pesawat ruang angkasa ini juga pendarat pertama yang berhasil menyelesaikan misinya.

Delta Kuno
Foto-foto Indah Kawah Jezero, Lokasi Pendaratan Perseverance NASA di Mars

Gambar kawah Jezero, tempat Perseverance akan mendarat di Mars. Foto/ESA/DLR/FU-Berlin

Di sini, sisa-sisa delta purba di Kawah Jezero, tempat Perseverance akan mencari tanda-tanda mikroba yang membatu. Gambar itu ditangkap oleh Kamera Stereo Resolusi Tinggi di pesawat pengorbit Mars Express Badan Antariksa Eropa.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA