Rabu, 17 Februari 2021 - 22:21 WIB
Thailand Surganya Kehidupan Dinosaurus, Bagaimana dengan Indonesia?
Indonesia yang terbentuk setelah kemusnahan Dinosaurus, membuat wilayah Nusantara bukanlah area kehidupan hewan purba tersebut. Foto/Capture YouTube Daftar5
JAKARTA - Dinosaurus pernah hidup di daratan Asia, tapi sampai sekarang kita tidak pernah mendengar temuan fosil hewan purba tersebut di Indonesia dari para arkeolog . Padahal, negara tetangga Thailand menjadi salah satu surga penemuan fosil Dinosaurus .

Merujuk Wikipedia dan beragam sumber sains lainnya, Dinosaurus merupakan kelompok hewan purbakala dari klad Dinosauria. Dinosaurus pertama kali muncul pada periode Trias, sekitar 230 juta tahun lalu, dan merupakan vertebrata dominan selama 135 juta tahun, yang dimulai sejak periode Jura (sekitar 201 juta tahun lalu) hingga berakhirnya periode Kapur (65 juta tahun lalu).

Hewan purba besar ini kemudian musnah akibat peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen sebelum Era Mesozoikum. Studi terhadap fosil Dinosaurus menunjukkan spesies burung berevolusi dari dinosaurus theropoda selama periode Jura, dan akibatnya, ribuan jenis burung yang hidup sekarang telah diklasifikasikan sebagai sub-kelompok dinosaurus oleh para paleontolog.

Beberapa burung yang selamat dari kepunahan 66 juta tahun yang lalu beserta keturunannya melanjutkan keberlangsungan hidup dinosaurus sampai sekarang.
Thailand Surganya Kehidupan Dinosaurus, Bagaimana dengan Indonesia?

Dinosaurus bisa digolongkan ke dalam beragam kelompok hewan dari sudut pandang taksonomi, morfologi, dan ekologi. Lebih dari 9.000 spesies burung adalah jenis dinosaurus vertebrata yang paling beragam, selain perciform ikan. Dengan menggunakan bukti fosil, para paleontolog telah mengidentifikasi lebih dari 500 genera Dinosaurus yang berbeda, dan lebih dari 1.000 spesies yang tidak sama dengan dinosaurus nonburung.

Jenis dinosaurus di setiap benua bisa ditentukan melalui spesies yang masih hidup ataupun melalui sisa-sisa fosil. Kebanyakan di antaranya adalah herbivora, sedangkan yang selebihnya adalah karnivora.

Sebagian besar keturunan Dinosaurus yang masih hidup adalah bipedal (berkaki dua), tetapi kebanyakan jenis dinosaurus yang telah punah adalah spesies quadrupedal (berkaki empat). Struktur tampilan yang rumit seperti tanduk atau jambul umumnya dimiliki oleh semua kelompok Dinosaurus, serta beberapa kelompok yang telah punah juga memiliki struktur tulang yang khas seperti duri dan tulang punggung yang tajam.

Penelitian menunjukkan bahwa bertelur dan membangun sarang adalah karakteristik lainnya yang dimiliki oleh semua Dinosaurus. Meskipun spesies burung modern pada umumnya berukuran kecil karena menyesuaikan dengan kemampuan terbang, sebagian besar dinosaurus pra-sejarah berukuran besar —yang terbesar adalah Amphicoelias fragilimus dari sauropoda, dengan panjang 60 meter (200 kaki) dan tinggi 10 meter (30 kaki) dengan berat 150 ton.
Thailand Surganya Kehidupan Dinosaurus, Bagaimana dengan Indonesia?

Namun, anggapan bahwa Dinosaurus nonburung pada umumnya berukuran raksasa adalah suatu kesalahpahaman. Banyak juga Dinosaurus yang berukuran kecil, misalnya Xixianykus, yang panjangnya hanya 50 cm (20 inci).

Meskipun kata dinosaurus secara harfiah berarti "kadal yang mengerikan", tapi sebenarnya dinosaurus bukanlah spesies kadal. Sebaliknya, dinosaurus tergolong dalam kelompok reptil yang terpisah. Bukti menunjukkan bahwa Dinosaurus yang telah punah sama sekali tidak mencerminkan karakteristik tradisional reptil, misalnya bergerak melata dan ektoterma.

Selain itu, kebanyakan hewan pra-sejarah seperti mosasaurus, ichthyosaurus, pterosaurus, plesiosaurus, dan dimetrodon, dianggap sebagai jenis Dinosaurus. Tetapi sebenarnya hewan-hewan ini bukanlah Dinosaurus.

Sepanjang paruh pertama abad ke-20, sebelum burung diakui sebagai keturunan Dinosaurus, sebagian besar ilmuwan percaya bahwa mereka adalah hewan yang lamban dan berdarah dingin. Namun, penelitian yang dilakukan sejak 1970-an menunjukkan Dinosaurus ialah hewan yang aktif dengan sistem metabolisme yang tinggi dan melakukan berbagai adaptasi dalam interaksi sosialnya.