Satelit Sadewa Peringatkan Cuaca Ekstrem dan Banjir seperti 1 Januari 2020

Kamis, 18 Februari 2021 - 15:29 WIB
loading...
Satelit Sadewa Peringatkan Cuaca Ekstrem dan Banjir seperti 1 Januari 2020
Menurut LAPAN, hujan di Jakarta masih akan terjadi hingga pukul 04.00 WIB pada tanggal 20 Februari 2021. Karena ada ancaman banjir besar di Jakarta dan sekitarnya. Foto/LAPAN
A A A
JAKARTA - Badan Geologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terjadinya hujan ekstrem yang berlangsung pada 18-19 Februari 2021, di Jakarta. Peringatan itu diperkuat pemantauan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggunakan Satellite-based Disaster Early Warning System (Sadewa), menunjukkan hujan ekstrem mulai terjadi di kawasan Jakarta sejak pukul 23.00 WIB.

Sadewa merupakan produk litbang LAPAN berupa aplikasi sistem peringatan dini atmosfer ekstrem berbasis satelit dan model atmosfer. Teknologi dikembangkan untuk mendukung riset atmosfer maupun aplikasinya oleh badan operasional terkait.

Itensitas hujan semakin meningkat dan jangkauan wilayah yang meluas serta memanjang, hingga meliputi Bekasi, Depok, Tangerang, bahkan hingga Karawang.

Erma Yulihastin, Peneliti Sains Atmosfer dari Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN, mengatakan, hujan ekstrem tersebut diprediksi mencapai intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB. Setelah itu, intensitas akan berkurang seiring waktu. Namun, hujan dalam skala sedang atau luas akan persisten terjadi sepanjang hari hingga pukul 17.00 WIB, di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Pada sore hari, hujan juga akan terbentuk di kawasan Bogor dan sekitarnya. Lalu menjalar ke utara menuju Jakarta dengan peningkatan intensitas hujan akan kembali terjadi menjelang tengah malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Hujan di Jakarta bahkan masih akan terjadi hingga pukul 04.00 WIB pada tanggal 20 Februari 2021. "Hujan ekstrem dinihari ini sangat erat dipengaruhi oleh penguatan CENS dan angin utaraan di Laut Jawa yang bersifat sangat lembap," papar Erma.

Erma berharap semua pihak selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir besar yang dapat terjadi pada 19-20 Februari secara luas di Jadetabek. Sebagaimana yang pernah terjadi pada 1 Januari 2020 . Baca Juga: Banjir Jakarta, Siapa yang Salah?
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3013 seconds (0.1#10.140)