Sabtu, 20 Februari 2021 - 21:05 WIB
Swati Mohan, Sosok Perempuan India di Balik Sukses NASA ke Mars
Swati Mohan bertanggung jawab untuk memastikan misi NASA ke Mars berjalan dengan lancar.
CALIFORNIA - Swati Mohan adalah yang bertanggung jawab terhadap misi Mars 2020 NASA.

Wahana luar angkasa Perseverance milik NASA baru saja sukses melakukan pendaratan di planet Mars . Rupanya, dibalik pendaratan Perseverance, ada sosok perempuan India yang berperan penting dalam misi besar tersebut

Adalah Swati Mohan, pemimpin operasi panduan dan kontrol untuk misi Mars 2020 NASA. Mohan menjadi orang yang bertanggung jawab untuk memastikan pesawat luar angkasa membawa penjelajah Perseverance diarahkan dengan benar.

Saat Perseverance bersiap melakukan pendaratan pada Kamis (18/2), Mohan menjadi orang yang paling tegang. Dengan pendaratan yang selalu berisiko tinggi, ia memberi banyak komentar dari kontrol misi, termasuk selama penurunan.

Dilansir CNET, Sabtu (20/2), Mohan sendiri merupakan seorang veteran NASA yang juga terlibat dalam misi Cassini. Ia telah berada di tim Mars 2020 sejak dimulai 2013 lalu.

Wanita asal India mulai pindah ke Amerika Serikat (AS) saat masih berusia satu tahun.

Namanya ramai diperbincangkan di media sosial khususnya Twitter, saat Perseverance berjalan dari Bumi dan memperlambat kecepatan dari 19 ribu kilometer per jam untuk pendaratan di kawah kuno Mars.

Dia terlihat menggunakan bindi saat dengan tenang mengumumkan setiap langkah perjalanan Perseverance dalam kendali misi.

“Saya memakai bindi (tanda di dahi) selama sekolah dasar dan diintimidasi secara fisik karena itu. Swati Mohan yang ada dalam kendali misi, terima kasih,” cuit akun @anulikesstars.

Swati Mohan, Sosok Perempuan India di Balik Sukses NASA ke Mars

"Dr. Swati Mohan telah menginspirasi generasi baru ilmuwan saat ini," tulis astrofisikawan Karan Jani.