Pesawat F-35 Di-upgrade, Kian Beringas karena Bisa Luncurkan Rudal Hipersonik

Minggu, 21 Februari 2021 - 23:45 WIB
loading...
Pesawat F-35 Di-upgrade, Kian Beringas karena Bisa Luncurkan Rudal Hipersonik
Lockheed Martin mengungkapkan ilustrasi yang menunjukkan pesawat tempur F-35 dilengkapi dengan dua LRASM. Foto/Lockheed Martin
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) memperkokoh kekuatan udaranya dengan melakukan upgrade atau peningkatan terhadap pesawat tempur silumannya, F35. Baca juga: China Dilaporkan Tengah Membuat Pesawat Siluman Baru

Laman Naval News menyebutkan, F-35B Korps Marinir dan F-35C Angkatan Laut AS akan semakin gahar dengan peningkatan perangkat lunak Block 4 pada unit yang dioperasikan. Namun produksi F-35 secara penuh masih menunggu Administrasi Biden membuat keputusan produksi utama. Sementara itu, jumlah negara asing yang memanfaatkan F-35B terus bertambah.

"Akuisisi Pentagon dan kepala dukungan Ellen M Lord, dalam sebuah memo Desember, memutuskan untuk memperpanjang fase Uji Operasional dan Evaluasi F-35 melewati tenggat waktu terakhirnya pada Maret 2021, memberi Kantor Program Bersama (JPO) hingga 28 Februari untuk menghasilkan 'baseline program akuisisi baru,' atau jadwal. Jadwal itu akan ditentukan sebagian oleh entitas 'tinjauan independen', atau tim akademik," kata JPO.
Pesawat F-35 Di-upgrade, Kian Beringas karena Bisa Luncurkan Rudal Hipersonik

Sebuah jet tempur serang gabungan varian F-35C Lightning II melakukan pendaratan di atas Kapal Induk USS Nimitz (CVN 68). Foto/Angkatan Laut AS; Lockheed Martin/Rilis

"Lord mengatakan penundaan mengintegrasikan F-35 di BEJ berkaitan dengan tantangan untuk mengumpulkan pembuat kode perangkat lunak di fasilitas yang aman dalam kondisi pandemi," tulis Air Force Magazine.



Menurut Lockheed Martin, pada Januari 2021, lebih dari 610 pesawat F35 telah dikirim, lebih dari 1255 pilot dan 10.030 pemelihara telah dilatih di pesawat, negara-negara yang mengoperasikan F-35 di negara asalnya, dan enam layanan telah melakukan misi operasi.

Peningkatan Perangkat Lunak
"Ini (Block 4) sedang berlangsung dan akan membawa lebih banyak kemampuan untuk warfighter melalui proses pengembangan yang gesit berdasarkan peningkatan perangkat lunak tambahan, memberikan perbaikan terus-menerus dan semakin memperlebar celah atas platform lama," kata Lockheed Martin, Juru Bicara F-35, pada Januari kemarin.
Pesawat F-35 Di-upgrade, Kian Beringas karena Bisa Luncurkan Rudal Hipersonik

Seorang instruktur demonstran kokpit yang bekerja untuk Lockheed Martin Aeronautics, merujuk data pada tampilan kokpit dari seorang demonstran kokpit F-35 Lightning II di atas Naval Station (NAVSTA) Rota, Spanyol. Foto/Petty Officer/Kelas 3 Eduardo T Otero

Disebutkan, Short Takeoff Vertical Landing (STOVL) F-35B milik Korps Marinir Amerika Serikat dan F-35C yang diluncurkan oleh ketapel Angkatan Laut Amerika Serikat akan menerima upgrade tambahan dari Block 4 (Block 4.1, 4.2, dan seterusnya) di bulan mendatang.



Lockheed Martin menggambarkan peningkatan F-35 Block 4 sebagai "Pengembangan dan Pengiriman Kemampuan Berkelanjutan" dan akan memberikan lebih banyak daya komputasi, daya pemrosesan, dan memori daripada komputer F-35 saat ini.
halaman ke-1 dari 4
preload video
KOMENTAR ANDA