Petir Punya Suhu 6X Panas Permukaan Matahari, di Depok Kekuatannya Bikin Takut

Sabtu, 27 Februari 2021 - 10:40 WIB
loading...
Petir Punya Suhu 6X Panas Permukaan Matahari, di Depok Kekuatannya Bikin Takut
Petir mempunyai suhu 6X lebih panas dari permukaan Matahari sehingga ketika sampai di daratan Bumi bisa membahayakan. Foto/Capture YouTube CBS
DEPOK - Pantas saja lagit Kota Depok seringkali menyajikan petir dengan suara dan kilatan besar. Ternyata kota ini memang memiliki kekuatan petir salah satu yang terganas di dunia. Berdasarkan penelitian dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Cinere dan Sawangan menjadi wilayah yang paling rawan.

Merangkum dari berbagai sumber, penelitian yang dilakukan pada 2002 oleh Prof Reynaldo Zoro dari ITB menyebutkan, Kota Depok memiliki arus petir negatif berkekuatan 379,2 Kilo Ampere (KA) dan petir positif mencapai 441,1 KA. Baca juga: Waspada Cuaca Ekstrem, Ini Tips Menghindari Petir Saat Hujan

Kekuatan petir tersebut mempunyai dampak yang cukup besar, yakni gedung yang terbuat dari beton sekalipun bisa hancur dibuatnya. Penyebab kekuatan petir di Kota Depok lantaran wilayah tersebut dipengaruhi angin lembab dan angin gunung dari Bukti Barisan. Juga adanya angin darat dari angin laut kepulauan Riau dan Selat Malaka.

Penelitian juga mengungkap kandungan besi tanah di Kota Depok ini sangat tinggi yang menyebabkan sambaran negatif lebih tinggi daripada sambaran positif.

Tidak Semua Sambaran Petir Sama
Laman clickorlando.com menyebutkan, petir terjadi ketika muatan positif yang kuat terbentuk di dalam awan dan muatan negatif yang kuat berkembang di tempat lain, berupa awan lain, tanah, atau bahkan udara yang mengelilinginya.



1. Petir awan-ke-tanah
Ketika tanah memiliki muatan negatif yang kuat, pemimpin langkah (yang tidak terlihat oleh mata manusia) bergerak zig-zag ke bawah dalam pola bercabang ke arah tanah. Kembalinya cahaya terang bergerak sekitar 60.000 mil per detik ke atas menuju awan.

Urutan ini terjadi begitu cepat sehingga satu kilat tunggal yang terlihat dapat terdiri dari satu atau 20 pukulan balik. Jenis serangan ini paling berbahaya bagi manusia. Suhu petir sekitar 60.000 derajat, yang kira-kira enam kali lebih panas dari permukaan matahari.

2. Petir awan ke udara
Ini terjadi ketika udara di sekitar awan mempertahankan muatan negatif yang kuat. Jika diperhatikan dengan seksama, Anda akan melihat saluran yang membentang ke udara di sekitar badai tetapi cahaya tetap di langit.

3. Petir Intra-awan
Petir ini tetap tertanam di dalam awan. Biasanya tidak terlihat; sebaliknya, awan menyala selama kilat ada.

4. Petir awan ke awan
Ini adalah saat muatan kuat hadir dengan awan di dekatnya. Dari tanah, Anda akan melihat kilatan membentang dari satu awan ke awan lainnya.



Tidak ada cara untuk memprediksi versi petir mana yang terjadi selama badai. Itulah sebabnya para ahli mengatakan orang harus selalu masuk ke dalam ruangan saat guntur menggelegar. Jika petir terlihat, itu berarti Anda berada dalam area berisiko petir. Sambaran petir juga dapat melakukan perjalanan sejauh 10 mil. Baca juga: Gempar Model Cantik Rusia Telanjang di Atas Gajah, Polda Bali: Tak Ada Unsur Pidana
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA