Seperti American Airlines, Ini 6 Penampakan UFO yang Belum Terpecahkan

Sabtu, 27 Februari 2021 - 17:02 WIB
loading...
Seperti  American Airlines, Ini 6 Penampakan  UFO yang Belum Terpecahkan
Ilustrasi penampakan UFO. FOTO/ IST
A A A
NEW MEXICO - Peristiiwa pertemuan Pesawat American Airlines dengan benda misterius yang diduga UFO di langit hari Minggu lalu bukan yang pertama. Pasalnya ada beberapa pesawat yang pernag berhadapan dengan benda misterius.



Benda terbang tak dikenal (bahasa Inggris: unidentified flying object, disingkat UFO) atau juga dikenal sebagai benda terbang aneh (disingkat BETA) adalah istilah yang digunakan untuk seluruh fenomena penampakan benda terbang berikut daftar benda asing yang pernah terlihat.

1. Cahaya misterius di wilayah Phoenix pada 1997

Pada Maret 1997, masyarakat wilayah Phoenix di Amerika Serikat sempat digemparkan dengan munculnya beberapa cahaya pada malam hari. Dilansir Phoenix New Times, saksi mata yang bernama Mitch Stanley yakin bahwa objek tersebut merupakan pesawat berukuran kecil yang terbang sangat tinggi.



Kejadian ini tak hanya disaksikan oleh beberapa orang saja, melainkan ribuan orang melihat fenomena ini. Mengenai hal tersebut, beberapa ilmuwan mengungkapkan ada sebuah kemungkinan bahwa cahaya tersebut berasal dari Maryland Air National Guard yang sedang melakukan latihan dan menyalakan suar.

2. Penampakan UFO di sekitar kapal USS Nimitz pada 2004

Pada November 2004, kapal USS Nimitz milik Amerika Serikat melihat sebuah objek asing terlihat dalam radar mereka. Angkatan Laut AS kemudian mengerahkan jet tempur untuk melihat lebih dekat objek asing tersebut. Penampakan tersebut sempat diabadikan melalui video dan sempat di-upload ke YouTube.

Ada juga rekaman sinyal radio yang menunjukkan peristiwa tersebut. Dilansir Live Science, terdapat dua orang misterius yang mengatakan bahwa atasan dari perwira di sana menyuruh untuk menyerahkan rekaman data dan menghapusnya di kapal.

3. UFO di Teheran, Iran pada 1976

Pada tahun 1976, dua pesawat Air Force F-4 Phantom II milik Iran mengklaim terdapat UFO yang terbang di Teheran, Iran. Anehnya, kedua pesawat tersebut mengalami malfungsi saat mencoba mendekati objek asing tersebut. Sebagian masyarakat sipil juga melihat objek tersebut namun mengira bahwa benda tersebut merupakan salah satu jenis meteor, dilansir Wonder Spawn.

Dilansir Latest UFO Sighting, pesawat tersebut mencoba memberikan peringatan dengan menambakkan misil. Uniknya, senjata pesawat tersebut tidak berfungsi secara tiba-tiba, lalu pesawat tersebut kehilangan keseimbangan.
4. Potret UFO di Inggris pada 1990
5 Penampakan UFO yang Sampai Sekarang Masih Menjadi Misterimirror.co.uk

Pada 1990, dua orang pendaki di Inggris melihat benda asing yang sangat cepat sedang terbang. Kedua pendaki tersebut berhasil memotret objek asing tersebut dan menyerahkannya ke seorang jurnalis dari Scottish Daily Record Newspaper. Beberapa waktu kemudian, jurnalis tersebut menyerahkannya ke Kementerian Pertahanan setempat, dilansir Daily Mirror.

Uniknya, Kementerian Pertahanan setempat tidak akan merilis foto asli yang diberikan jurnalis tersebut hingga tahun 2072, dilansir Daily Mirror. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti objek apa yang sempat menggemparkan masyarakat Inggris tersebut.

5. UFO di Hawaii pada akhir 2020

Pada akhir 2020, masyarakat Hawaii sempat dikejutkan dengan munculnya fenomena UFO di langit Oahu, Hawaii, Amerika Serikat. Dilansir USA Today, objek asing tersebut muncul pada malam hari di tanggal 29 Desember 2020 dan disaksikan oleh banyak sekali penduduk lokal di sana.

Seorang warga menelpon kejadian ini ke polisi setempat, lalu polisi tersebut meneruskannya ke Federal Aviation Administration. Masyarakat setempat sempat melihat objek tersebut terbang cukup lama sebelum akhirnya terjun ke laut.

6. Markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Pentagon diam-diam menjalankan program rahasia yang tak terpikir bakal dilakukan lembaga pemerintah AS pada Abad ke-21: menyelidiki penampakan unidentified flying objects atau UFO.

UFO mendadak menjadi perhatian Pentagon, setelah sejumlah anggota militer AS melihat penampakan benda serupa piring terbang, ketika melakukan tugas rutin mereka.

Program rahasia bernama The Advanced Aerospace Threat Identification tersebut dimulai sejak 2007 oleh Departemen Pertahanan dan ditutup pada 2012. Pentagon mengaku telah menghabiskan jutaan dolar dalam setahun untuk membiayainya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)