Sabtu, 13 Maret 2021 - 18:59 WIB
Warning Bagi Penduduk Bumi, Jumlah Asteroid yang Mengancam Bertambah Ribuan
Beberapa asteroid yang ditemukan tahun lalu telah mendekati Bumi, setidaknya 107 di antaranya melewati planet dengan jarak kurang dari orbit Bulan. Foto/Ist
HOUSTON - Asteroid Apophis melintas dengan aman melewati Bum i pada 6 Maret lalu, tapi tahukah Anda bahwa batuan antariksa yang mengancam planet kita jumlahnya bertambah ribuan?

Sejak 1998, tulis Nature.com, ketika NASA memulai pencarian terbesar untuk asteroid dekat Bumi, para ilmuwan telah mendeteksi lebih dari 25.000 batuan antariksa yang membahayakan manusia. Dan tahun 2020 ternyata menjadi tahun rekor dengan penemuan terbanyak.

Meskipun pandemik COVID-19 mengganggu banyak penelitian, para astronom mengatalogkan 2.958 asteroid dekat Bumi yang sebelumnya tidak diketahui sepanjang tahun 2020. Ini adalah tahun rekor penemuan asteroid yang mendekati Bumi.

Lihat tampilan grafik peningkatan asteroid yang terdeteksi sepanjang 1995-2021 di bawah ini:

Sumber: Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA/Nature.com

Sebagian besar berasal dari pengamatan Catalina Sky Survey, yang menggunakan tiga teleskop, di Arizona. Fasilitas ini dikhususkan untuk berburu batuan antariksa yang mengancam Bumi.

Operasi ditutup sebentar pada musim semi lalu karena pandemik dan kebakaran hutan pada bulan Juni menyebabkan penutupan yang lebih lama. Namun survei Catalina masih berhasil menemukan 1.548 objek di dekat Bumi. Ini termasuk 'minimoon' langka bernama 2020 CD3, asteroid kecil berdiameter kurang dari 3 meter yang telah ditangkap sementara oleh gravitasi Bumi. Minimoon memisahkan diri dari tarikan Bumi pada April lalu.

Kumpulan penemuan lain di tahun lalu -1.152 temuan- berasal dari teleskop survei Pan-STARRS di Hawai. Penemuan tersebut termasuk sebuah objek bernama 2020 SO, yang ternyata bukan asteroid, tetapi pendorong roket sisa yang telah berputar-putar di luar angkasa sejak membantu meluncurkan misi NASA ke Bulan pada 1966.

Beberapa asteroid yang ditemukan tahun lalu mendekati Bumi -setidaknya 107 di antaranya melewati planet dengan jarak kurang dari Bulan. Peluncuran terdekat tahun lalu termasuk asteroid kecil 2020 QG, yang meluncur hanya 2.950 kilometer di atas Samudera Hindia pada bulan Agustus.

Itu menjadikannya pendekatan yang paling dikenal -rekor dipecahkan hanya tiga bulan kemudian oleh benda kecil lainnya, 2020 VT4. Yang satu itu lewat kurang dari 400 kilometer dari planet, dan baru terlihat 15 jam setelah melesat. Jika terkena, mungkin akan pecah di atmosfer bumi.

Semua penemuan ini membuat para astronom lebih sadar akan sifat bola biliar Tata Surya, di mana banyak asteroid berkeliaran di ruang dekat Bumi. "Dorongan baru-baru ini untuk mengamati Apophis menyoroti bagaimana para astronom di seluruh dunia dapat bekerja sama untuk menilai ancaman yang ditimbulkan oleh asteroid," kata Vishnu Reddy, ilmuwan planet di Universitas Arizona di Tucson.

“Ini merupakan upaya internasional yang sangat besar dan sangat menyenangkan,” katanya. Baca juga:

Pada saat Apophis muncul lagi, dalam waktu delapan tahun, para ilmuwan akan memiliki sensus yang lebih rinci tentang batuan antariksa yang mengancam.