Tak Hanya Emas, Kongo Punya Cadangan Coltan Terbesar di Dunia

Minggu, 14 Maret 2021 - 21:33 WIB
loading...
Tak Hanya Emas, Kongo Punya Cadangan Coltan Terbesar di Dunia
Berlian kasar ditemukan di sekitar Mbuji-Mayi, Republik Demokratik Kongo. Negara ini kaya akan mineral penting bagi dunia. Foto/Panos/Marc Schlossma/UN.org
A A A
BRAZZAVILLE - Viral gunung emas Kongo merebak ke seluruh dunia, tapi sebenarnya negara ini sangat kaya tambang mineral coltan yang memainkan peran penting di era Industri 4.0 .

Industri pertambangan Republik Demokratik Kongo memainkan peran penting dalam pasokan kobalt, tembaga, berlian, tantalum, timah, dan emas dunia. Itu semua adalah sumber pendapatan ekspor terbesar Kongo.

Pada tahun 2009, Kongo memiliki sekitar USD24 triliun dalam deposit mineral yang belum dimanfaatkan, termasuk cadangan coltan terbesar di dunia (di mana unsur niobium dan tantalum diekstraksi) dan sejumlah besar kobalt dunia dan lithium. Negara ini juga menyimpan sejumlah besar mineral yang akan menjadi pendorong penting Revolusi Industri 4.0.

Pada 2020 studi melaporkan deposit lithium kelas tinggi yang diperkirakan memiliki potensi 1,5 miliar ton batuan keras lithium spodumene yang terletak di Manono, Kongo tengah. Penambangan lithium di Kongo diharapkan memiliki signifikansi global dengan pembedahan industri baterai kendaraan listrik (EV), yang memungkinkan mereka untuk lebih jauh memanfaatkan kekayaan mineralnya yang besar.

Untuk diketahui, dorongan untuk dekarbonisasi dan Revolusi Industri 4.0 bergantung pada mineral penting seperti litium, timah, kobalt, niobium, tungsten, dan tantalum. Revolusi Industri 4.0 didefinisikan sebagai perkembangan teknologi dalam sistem fisik siber, misalnya konektivitas berkapasitas tinggi; mode interaksi manusia-mesin baru seperti antarmuka sentuh dan sistem realitas virtual; dan peningkatan dalam mentransfer instruksi digital ke dunia fisik termasuk robotika dan pencetakan 3D (manufaktur aditif); Internet of Things (IoT); Big Data dan komputasi awan; sistem berbasis kecerdasan buatan; dan baterai listrik (Lithium-ion renewable ESS dan EV).

Dilansir dari Wikipedia, mineral yang digolongkan paling kritis oleh Amerika Serikat, Jepang, Korea, dan Uni Eropa termasuk Inggris, adalah Rare-earth elements (REE), galium (Ga), indium (In), tungsten (W), unsur golongan platina (PGE) termasuk platina (Pt) dan paladium (Pd), kobalt (Co), niobium (Nb) , magnesium (Mg), molibdenum (Mo), antimon (Sb), litium (Li), vanadium (V), nikel (Ni), tantalum (Ta), telurium (Te), kromium (Cr), dan mangan (Mn). Menariknya, Kongo punya itu semua.

Coltan digunakan terutama untuk produksi kapasitor tantalum, digunakan di banyak perangkat elektronik. Coltan penting dalam produksi ponsel dan kapasitor tantalum yang digunakan di hampir semua jenis perangkat elektronik. Niobium dan tantalum memiliki berbagai kegunaan, termasuk lensa bias untuk kacamata, kamera, telepon dan printer.

Material itu juga digunakan di sirkuit semikonduktor, dan kapasitor untuk perangkat elektronik kecil seperti alat bantu dengar, alat pacu jantung, dan pemutar MP3, serta di hard drive komputer, elektronik mobil, dan filter gelombang akustik permukaan (SAW) untuk ponsel.

Selama Perang Kongo Kedua, penjarahan besar-besaran aset mineral oleh semua pasukan kombatan — warga sipil Kongo, Rwanda, Uganda, dan asing — terjadi. Operasi penambangan artisanal kecil yang dirampok oleh para pejuang terkadang ditutup setelah itu dan bisnis asing yang lebih besar juga mengurangi operasinya.

Setelah perjanjian damai tahun 2003, fokus kembali ke pertambangan. Kelompok pemberontak memasok perusahaan internasional melalui penambangan yang tidak diatur oleh tentara, penduduk lokal yang diorganisir oleh komandan militer dan oleh warga negara asing. Kerangka politik tidak stabil.

Pada 2009, Kongo menandatangani kontrak pinjaman dengan Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar USD12 miliar dari keringanan utang pada tahun 2010. Pinjaman tersebut termasuk persyaratan perdagangan, seperti liberalisasi perdagangan berlian.

Banyak penambangan telah dilakukan dalam operasi penambangan artisanal kecil, kadang-kadang dikenal sebagai Artisanal and Small-Scale Mining (ASM). Tambang skala kecil ini tidak diatur dengan tingkat pekerja anak yang tinggi dan cedera di tempat kerja.

Saat ini, perusahaan pertambangan besar dan organisasi nirlaba menangani masalah kompleks ini dan terus mengadopsi panduan dan inisiatif internasional yang membantu menyusun peraturan berbasis komunitas ke komunitas dengan dukungan dan keterlibatan pemerintah.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)