Lebih Ganteng, Tampilan Baru Soyuz 2 Rusia Terinspirasi Roket Yuri Gagarin

Rabu, 17 Maret 2021 - 08:38 WIB
loading...
Lebih Ganteng, Tampilan Baru Soyuz 2 Rusia Terinspirasi Roket Yuri Gagarin
Livery putih dan biru baru GK Launch Services untuk roket Soyuz 2 Rusia terinspirasi roket manusia pertama yang terbang ke luar angkasa 60 tahun lalu. Foto/Roscosmos
A A A
MOSKOW - Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, kendaraan peluncuran Soyuz-2 Rusia akan lepas landas dengan tampilan baru. Tampilanya terinspirasi oleh roket yang membawa manusia pertama ke luar angkasa . Baca juga: Edan, Setelah Bumi Dijarah Habis-habisan, AS Incar Bulan untuk Usaha Tambang

GK Launch Services, Divisi Peluncuran Komersial Glavkosmos, anak perusahaan dari perusahaan luar angkasa negara Roscosmos Rusia, mengumumkan livery baru, yang akan memulai debutnya dengan booster Soyuz-2.1a akan terbang dengan 38 satelit dari 18 negara pada Sabtu (20/3/2021).

"Ini pertama kalinya dalam beberapa dekade bahwa Soyuz-2 akan menampilkan pola biru-putih alih-alih kombinasi warna abu-abu-oranye standar," tulis GK Launch Services di Twitter. "Pola warna ini terinspirasi oleh prototipe Vostok LV (kendaraan peluncur) yang mengirim Yuri Gagarin ke luar angkasa dari Baikonur 60 tahun lalu."

Lebih Ganteng, Tampilan Baru Soyuz 2 Rusia Terinspirasi Roket Yuri Gagarin

Roket Vostok-K Yuri Gagarin, terlihat di sini lepas landas pada tahun 1961, semuanya berwarna abu-abu tetapi tampak putih saat diluncurkan karena embun beku. Foto/Roscosmos

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004 oleh Progress Rocket Space Center, Soyuz 2 adalah versi modern dari roket Rusia yang digunakan untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa berawak dan kendaraan kargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, serta satelit komersial dan militer ke orbit Bumi. Ini sering dipasangkan dengan tahap atas Fregat-M, seperti untuk misi berbagi tumpangan yang akan datang.

Secara tradisional, Soyuz 2a.1 diluncurkan dengan tampilan abu-abu kehijauan dengan highlight putih dan oranye. Seperti roket Vostok abu-abu yang lepas landas bersama kosmonot Yuri Gagarin pada 12 April 1961, pada penerbangan luar angkasa berawak pertama di dunia, Soyuz 2 tampak putih saat lepas landas karena pembentukan embun beku pada kulit kendaraan (hasil cryogenic roket) oksigen cair.

Pola cat Soyuz 2 yang baru meniru tampilan peluncuran Vostok dengan bodi yang dicat serba putih dengan sorotan biru muda dan terang.

Lebih Ganteng, Tampilan Baru Soyuz 2 Rusia Terinspirasi Roket Yuri Gagarin

Sejak 2004, roket Soyuz 2 Rusia telah dicat abu-abu kehijauan dengan highlight oranye dan putih, seperti yang terlihat di sini dari Juli 2020. Foto/RSC Energia

"Warna biru cerah perusahaan melekat pada logo utama (Layanan Peluncuran GK), serta digunakan dalam identitas korporat Perusahaan Negara," kata Roscosmos dalam pernyataan yang diposting di situsnya. "Fairing yang menutupi pesawat ruang angkasa akan mempertahankan warna putih 'standar'. Jika tidak, warna oranye (cat) pada (badan roket) akan diganti dengan biru, dan abu-abu akan diganti dengan putih. Warna kompartemen transisi akan diganti. juga berubah - alih-alih abu-abu tradisional, itu juga akan (dicat) biru."

Space.com menyebutkan, peluncuran Soyuz-2a.1 pada 20 Maret akan terbang dari Situs 31/6 di Kosmodrom Baikonur Rusia di Kazakhstan, dekat Situs 1 tempat Gagarin lepas landas dengan Vostok 60 tahun lalu. Juga disebut sebagai "Gagarin's Start", Site 1 saat ini sedang mengalami peningkatan untuk mendukung roket kelas Soyuz 2.

Roket akan lepas landas dengan satelit observasi Bumi CAS500-1 untuk Institut Penelitian Dirgantara Korea (KARI), serta muatan yang lebih kecil untuk Rusia, Jepang, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Italia, Belanda, Jerman, Kanada, Inggris Raya, Thailand, Spanyol, Slovakia, Argentina, Israel, Brasil, Hongaria, dan Tunisia.

Livery yang terinspirasi Vostok diharapkan dapat digunakan untuk roket Soyuz 2 lainnya yang diterbangkan di bawah kontrak dengan Layanan Peluncuran GK tahun ini, menurut Roscosmos.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)