Pensiunan Polisi Kaya Mendadak Setelah Menemukan Koin Kuno dari Abad ke 2 SM

Rabu, 17 Maret 2021 - 14:25 WIB
loading...
Pensiunan Polisi Kaya Mendadak Setelah Menemukan Koin Kuno dari Abad ke 2 SM
Foto/dok
A A A
BUKARES - Koin kuno yan berasal dari abad kedua sebelum masehi ditemukan di Rumania oleh pensiunan polisi pada Sabtu 13 Maret 2021 lalu. Koin yang ditemukan pensiunan polisi itu diperkirakan berasal dari167 dan 149 SM.

Koin kuno itu ditemukan seorang pensiunan polisi, Paul Duca di desa Radomiresti, sekitar 150 kilometer di sebelah barat ibu kota, Bukares. Untuk lebih meyakinkan, koin tersebut di otentikasi dan ternyata berasal dari kerajaan kuno Makedonia. (Baca: Ribuan Koin dan Cincin Emas DItemukan di Ladang Jagung Polandia)

Dilansir Express.co.uk , koin atau tetradrachms yang ditemukan, semuanya memiliki prasasti karakteristik khas koin yang dicetak di kerajaan kuno Makedonia (Makedonia). Koin-koin itu dihiasi dengan motif daun ek dan dicap dengan tulisan "Μακεδόνων Πρώτης" atau "Makedonia dulu".

Menurut Gabriel Vandervort dari AncientResource.com, koin identik dicetak antara 167 dan 149 SM di percetakan Amphipolis.

Koin-koin itu dibuat dari perak di bawah pendudukan Romawi dan di satu sisi terdapat tulisan "Makedonia pertama" dan kepala dewa atau raja di sisi lain. Sebuah petir berada tepat di sebelah kiri prasasti dan klub dongeng Heracles (Hercules) memotong di antara tulisan itu. (Baca juga: Planet Asing Berjarak 41 Juta Tahun Cahaya Terpantau Membentuk Atmosfer Baru)

Koin jenis ini sering dijual di situs web kolektor dan dealer barang antik dengan harga masing-masing ratusan poundsterling. Londoncoins.co.uk, misalnya, mencantumkan tetradrachm dengan wajah dewi Yunani Artemis seharga £ 280.

Secara total, Mr Durca menemukan 68 koin di Radomiresti, Olt County. Karena itu, dia mungkin telah menemukan harta karun setidaknya senilai £ 19.040.

Penemuan itu dibagikan di Facebook, di mana polisi setempat mengatakan bahwa pensiunan polisi berwenang untuk membawa detektor logam.

Setelah Duca menggali kumpulan koin pertama, dia memberi tahu polisi terdekat tentang penemuannya yang luar biasa. Media Rumania mengutip ucapan polisi tersebut: "Setelah menghitung dua puluh koin kuno , saya berhenti dan menelepon pihak berwenang. (Baca juga: Arkeolog Temukan BH Berusia 5 Abad, Netizen Gempar)

Ini bukan pertama kalinya seorang warga menemukan tumpukan koin kuno yang bernilai tinggi. Awal tahun ini seorang pengamat burung di Inggris menemukan koin era Romawi dan Celtic senilai lebih dari £ 800.000.

Penemuan itu terjadi di Inggris timur oleh seorang pengamat burung yang menemukan lebih dari 1.300 koin kuno. Harta karun itu bertanggal sekitar 40 atau 50 Masehi.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)