Pindahkan Badak dengan Cara Digantung di Helikopter, Ini Penjelasan Peneliti

Kamis, 18 Maret 2021 - 10:21 WIB
loading...
Pindahkan Badak dengan Cara Digantung di Helikopter, Ini Penjelasan Peneliti
Sejumlah badak di Afrika dipindahkan ke area konservasi dengan cara digantung terbalik. Foto/CNN
NAMIBIA - Sejumlah badak di Afrika dipindahkan ke area konservasi untuk melestarikan binatang bercula tersebut. Namun, cara pemindahan yang dilakukan dengan digantung terbalik membuat sejumlah pemerhati hewan bertanya-tanya soal keamanan dan kesehatan hewan tersebut.

Sulitnya medan yang harus ditempuh dengan kendaraan membuat petugas konservasi sesekali menggunakan helikopter untuk memindahkan badak ke tempat yang aman dari perburuan. Memindahkan badak dengan cara digantung terbalik di helikopter menjadi pilihan karena mudah dilakukan. (Baca: 74 Ekor Badak Jawa yang Tersisa Rayakan Hari Badak Sedunia)

Dilansir CNN , Kamis (18/3/2021), para petugas menyukai cara ini karena lebih cepat, lebih mudah, dan lebih murah daripada opsi tandu. Namun untuk mengetahui apakah cara tersebut aman bagi b adak , pemerintah Namibia meminta tim peneliti di Fakultas Kedokteran Hewan Cornell untuk menyelidiki cara tersebut.

Pindahkan Badak dengan Cara Digantung di Helikopter, Ini Penjelasan Peneliti


Hasilnya, yang diterbitkan pada bulan Januari, sangat mengejutkan. "Kami mengantisipasi bahwa badak akan lebih buruk jika tergantung terbalik," kata Robin Radcliffe, dosen senior kedokteran satwa liar dan konservasi seperti dikutip CNN.



Sebaliknya, Radcliffe dan timnya menemukan bahwa meskipun tampaknya kondisi yang tidak nyaman, terbang terbalik adalah pilihan yang lebih baik untuk kesehatan badak. (Baca juga: Cegah Kejahatan Terulang, Residivis Akan Dipasangi Gelang GPS)

Namibia adalah rumah bagi hampir sepertiga badak hitam Afrika - satu dari dua spesies badak yang ditemukan di benua itu. Mulai tahun 2015, tim Cornell menangguhkan 12 badak hitam - masing-masing dengan berat antara 1.770 dan 2.720 pon - terbalik dari derek, dan menempatkan mereka dalam posisi miring untuk perbandingan.

Para peneliti mengukur biomarker untuk respirasi dan ventilasi, dan menemukan bahwa badak memiliki kadar oksigen dalam darah yang lebih tinggi saat terbalik.

Pindahkan Badak dengan Cara Digantung di Helikopter, Ini Penjelasan Peneliti


Radcliffe mengatakan posisi terbalik memungkinkan tulang belakang meregang yang membantu membuka saluran udara. Selain itu, tim menemukan bahwa saat berbaring miring, badak memiliki "ruang mati" yang lebih besar - jumlah udara di setiap napas yang tidak menyumbang oksigen ke tubuh. (Baca juga: Gletser Terus Mencair, Apa Pengaruhnya untuk Bumi)



Baik dalam posisi miring atau terbalik, memindahkan badak membutuhkan dua helikopter. Satu helikopter kecil untuk membidik badak dengan obat penenang, dan yang lebih besar untuk membawa hewan.

Ketika badak diangkut dalam posisi berbaring, tandu menambah bobot tambahan, dan prosesnya memakan waktu lebih lama, sekitar enam hingga 30 menit untuk menempatkan badak di tandu. Sebaliknya, memasang tali ke kaki dan kaki hewan hanya membutuhkan waktu beberapa menit.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA