Selain Kongo, Indonesia Juga Ada Gunung Emas dari Papua sampai Jawa

Jum'at, 19 Maret 2021 - 16:13 WIB
loading...
Selain Kongo,  Indonesia Juga Ada Gunung Emas dari Papua sampai Jawa
Ilustrasi sebuah gunung yang menyimpan emas. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Temuan gunung Emas di Kongo membuat mata dunia terbelalak. Namun perlu di ketahui selain gunung Emas di Kongo, Gunung-gunung di Indonesia menyimpan banyak mas.

Terbukti emas di tanah Papua belum habis. Padahal, gergasi pertambangan milik Amerika Serikat, Freeport McMoRan, sudah lebih dari lima dekade menyedot emas, tembaga, perak, dan mineral lain dari perut bumi di pegunungan tengah Papua.

Buktinya, perusahaan penambang emas PT Freeport, sudah menambang, memproses dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak sejak puluhan tahun lalu.

Saham PT Freeport sebesar 51,2 persen sudah beralih ke PT Inalum dan pembayarannya sudah lunas. Saham PTFI yang dimiliki oleh PT Inalum meningkat dari 9,36 persen menjadi 51,23 persen.

Presiden mengatakan bahwa kepemilikan mayoritas akan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

PT Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan pertambangan terkemuka di dunia. Perusahaan tersebut memasarkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas, dan perak ke seluruh dunia.

Selain Papua, ternyata Indonesia masih menyimpan harta karun di berbagai wilayah. Berikut beberapa wilayah penimbun emas di Indonesia:

Papua

Daerah penghasil tambang emas terbesar yang di kelola oleh PT Freeport Indonesia. Sampai saat ini papua masih menjadi penghasil tambang emas terbesar di indonesia dengan penghasilan 240 kilogram emas murni setiap hari nya.

Dompu
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)