Militer AS Awasi Ketat Ambisi China dan Rusia di Ruang Angkasa

Jum'at, 19 Maret 2021 - 22:15 WIB
loading...
Militer AS Awasi Ketat Ambisi China dan Rusia di Ruang Angkasa
ampah luar angkasa yang dibuat oleh uji anti-satelit China tahun 2007 menghantam satelit Rusia pada 22 Januari 2013. Foto/Courtesy of Analytical Graphics, Inc./Space.com
A A A
WASHINGTON - Ambisi luar angkasa Rusia dan China akan tetap berada di depan dan menjadi pusat perhatian militer AS selama Pemerintahan Presiden Joe Biden .

Selama masa Kepresidenan Donald Trump, para pejabat AS berulang kali menekankan bahwa Rusia dan China menimbulkan ancaman yang substansial dan terus berkembang terhadap dominasi ruang angkasa yang telah lama dipegang Amerika Serikat. Pada tahun 2019, misalnya, Wakil Presiden saat itu, Mike Pence, mengatakan, AS berada dalam perlombaan antariksa dengan kedua musuh tersebut. Dan taruhannya bahkan lebih tinggi hari ini daripada selama perlombaan antariksa Perang Dingin tahun 1960-an dengan Uni Soviet.

Biden telah menjauh dari sejumlah kebijakan Trump. Tetapi presiden baru mungkin akan mengawasi Rusia dan China di domain luar angkasa. Ini berdasarkan pernyataan menteri pertahanannya, Lloyd Austin.

Dalam kesaksian tertulis yang disampaikan kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat menjelang sidang konfirmasi pada bulan Januari, Austin mencatat bahwa ruang angkasa "sudah menjadi arena persaingan kekuatan besar". Mreka mengidentifikasi China dan Rusia sebagai dua saingan utama Amerika Serikat dalam bidang ini.

"Aktivitas luar angkasa China dan Rusia menghadirkan ancaman yang serius dan terus berkembang terhadap kepentingan keamanan nasional AS," tulis Austin, mengidentifikasi Rusia sebagai "musuh utama" tetapi menyebut China sebagai "ancaman kecepatan".

"Doktrin militer China dan Rusia juga menunjukkan bahwa mereka memandang ruang angkasa sebagai hal penting untuk peperangan modern dan mempertimbangkan penggunaan kemampuan antariksa sebagai sarana untuk mengurangi efektivitas militer AS dan untuk memenangkan perang di masa depan," tambahnya.

"Mengatasi tantangan ini dalam domain luar angkasa adalah inti dari 'persaingan kekuatan besar' secara lebih umum," katanya.

Space.com menyebutkan, "kemampuan counterspace" itu termasuk teknologi anti-satelit (ASAT), yang telah dikembangkan dan diuji oleh Rusia dan China. China terkenal menghancurkan salah satu satelitnya yang mati selama tes ASAT Januari 2007, misalnya, menghasilkan segerombolan puing orbital baru.

Pada Mei 2013, China melakukan tes yang tidak terlalu merusak terhadap sistem ASAT yang berbeda, yang benar-benar menarik perhatian para pejabat di Pemerintahan Presiden Barack Obama. "Ini rupanya mendorong dimulainya Perkiraan Intelijen Nasional tentang ancaman ASAT, yang pada gilirannya memulai Tinjauan Portofolio Strategis Luar Angkasa Departemen Pertahanan pada Mei 2014," kata Brian Weeden, Direktur Perencanaan Program untuk Secure World Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk keberlanjutan ruang.

"Tujuan dari tinjauan adalah untuk menilai apakah investasi departemen sejalan dengan kebijakan dan tujuan dalam terang lingkungan ancaman yang berubah," kata Weeden kepada Space.com.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2602 seconds (0.1#10.140)