Ini Penjelasan LAPAN Terkait Kilatan Cahaya dan Ledakan di Langit Banggai Selasa Lalu

Minggu, 21 Maret 2021 - 14:00 WIB
loading...
Ini Penjelasan LAPAN Terkait Kilatan Cahaya dan Ledakan di Langit Banggai Selasa Lalu
LAPAN menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir, karena ukuran meteor yang di Banggai berukuran kecil. Foto/Ist. Attachments area
A A A
BANGGAI - Pada 16 Maret 2021 lalu, sekitar pukul 21.00 WITA, sejumlah warga di dekat Pantai Pagimana, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, menyaksikan kilatan cahaya terang saat di langit malam.

Kilatan tersebut sempat direkam dalam sebuah video singkat yang telah beredar di media sosial. Selain itu, dari informasi yang beredar bahwa kilatan itu muncul bersamaan dengan suara ledakan yang terdengar dari kejauhan.



Menurut pengamatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), berdasarkan video yang beredar, terdapat indikasi kuat bahwa kilatan tersebut dihasilkan oleh bolide yang merupakan meteor berukuran beberapa puluh sentimeter yang terbakar dan meledak di atmosfer.

"Setiap saat, terdapat meteor yang masuk ke atmosfer Bumi. Frekuensi atau kekerapannya bergantung pada ukuran meteor," terang LAPAN, melalui akun Instagram resminya.



Meteor besar lebih jarang dibandingkan meteor kecil. Rata-rata, meteor berukuran 50 sentimeter masuk ke atmosfer Bumi dua kali tiap pekan. Namun, sebagian besar tidak teramati karena jatuh di lautan atau jauh dari daerah berpenghuni.

Secara garis besar, LAPAN menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir, karena ukuran meteor yang di Banggai berukuran kecil. Selain itu, kemungkinan besar juga sudah habis terlebih dahulu oleh atmosfer.

"Astronom dunia berusaha keras memantau dan memperkirakan potensi malapetaka dari meteor atau asteroid berukuran besar," tandas LAPAN.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)