Eksplorasi Harta Karun di Asteroid, Perakitan Pesawat Psyche Masuki Tahap Akhir

Selasa, 30 Maret 2021 - 09:44 WIB
loading...
Eksplorasi Harta Karun di Asteroid, Perakitan Pesawat Psyche Masuki Tahap Akhir
Asteroid Psyche yang akan dieksplorasi NASA Foto/NASA/JPL
CALIFORNIA - Komponen utama pesawat ruang angkasa Psyche NASA telah dikirim ke Laboratorium Propulsi Jet milik badan tersebut di California Selatan. Saat ini, perakitan pesawat luar angkasa untuk mengeksplorasi asteroid Psyche sudah memasuki tahap akhir dan akan dilakukan pengujian dan selanjutnya akan diluncurkan Agustus 2022.

Jika seluruh pesawat luar angkasa ini rampung, akan langsung menjalani pemeriksaan dan pengujian yang ketat sebelum dikirim ke Cape Canaveral, Florida. Begitu lolos uji, pesawat itu akan diluncurkan pada Agustus 2022 ke sabuk asteroid utama. (Baca: NASA Bersiap Lakukan Eksplorasi Harta Karun di Asteroid Psyche)

Sasis Solar Electric Propulsion (SEP), dibuat oleh tim Maxar Technologies di Palo Alto, California. SEP berukuran sebesar van dan mewakili lebih dari 80% (massa) perangkat keras yang pada akhirnya akan membentuk pesawat ruang angkasa Psyche.

"Melihat sasis pesawat luar angkasa besar ini tiba di JPL dari Maxar adalah salah satu pencapaian luar biasa yang kami alami dalam perjalanan 10 tahun," kata Lindy Elkins-Tanton dari Arizona State University, seperti dikutip, Phys.org .

Target Psyche adalah asteroid kaya logam dengan nama yang sama, yang mengorbit Matahari di sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter. Ilmuwan berpikir bahwa Psyche sebagian besar adalah besi dan nikel dan bisa menjadi inti dari planet awal. (Baca juga: 10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Indonesia Tak Masuk Hitungan)



Menjelajahi asteroid Psyche (sekitar 140 mil, atau 226 kilometer, lebarnya) dapat memberikan wawasan berharga tentang bagaimana Bumi dan planet lain terbentuk. Selama 12 bulan ke depan, tim proyek akan bekerja keras untuk memenuhi tenggat waktu menjelang peluncuran.

Fase perakitan, pengujian, dan peluncuran dimulai 16 Maret, ketika para insinyur berkumpul di High Bay 1 untuk mulai memeriksa subsistem yang dipasok JPL, komputer penerbangan, sistem komunikasi, dan sistem distribusi daya rendah untuk memastikan mereka bekerja sama. Sekarang sasis telah tiba, teknisi JPL dan Maxar akan mulai memasang perangkat keras yang tersisa, melakukan pengujian sambil melengkapi kekurangan instrumen lain yang belum terpasang.

Setelah pesawat antariksa Psyche lengkap dipasang, pengorbit akan berpindah dari Fasilitas Perakitan Pesawat Luar Angkasa ke ruang vakum termal besar JPL. Ruangan ini adalah tempat para insinyur JPL akan memulai pengujian tugas berat untuk memastikan seluruh alat berat dapat bertahan di luar angkasa. (Baca juga: Antibodi Virus Corona Bisa Bertahan Berbulan-bulan)

Pada musim semi berikutnya, Psyche yang telah dirakit sepenuhnya akan dikirim ke Pusat Antariksa Kennedy NASA sebelum target peluncuran pada Agustus 2022. Pesawat ruang angkasa akan terbang di Mars untuk mendapatkan bantuan gravitasi pada Mei 2023 dan pada awal 2026, akan pergi ke orbit di sekitar asteroid, di mana ia akan menghabiskan 21 bulan untuk mengumpulkan data sains.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA