Helikopter Ingenuity Bersiap Lakukan Penerbangan Bersejarah di Mars

Senin, 05 April 2021 - 17:01 WIB
loading...
Helikopter Ingenuity Bersiap Lakukan Penerbangan Bersejarah di Mars
Foto: dok/NASA
JAKARTA - Helikopter mini Ingenuity yang dibawa penjelajah NASA Perseverances sudah bersiap untuk melakukan penerbangan bersejarah di Mars. Perseverances sudah menurunkan Ingenuity ke permukaan Mars untuk selanjutnya helikopter seberat empat pon itu akan melakukan pemantuan planet merah tersebut dari atas.

Berdasarkan pengamanatan NASA, penurunan Ingenuity oleh Perseverance menjadi tonggak penting dalam membawa upaya NASA mengeksplorasi permukaan Mars.

BACA: Helikopter Ingenuity Kontak Bumi Setelah Mendarat di Mars

Selanjutnya, helikopter Ingenuity harus melalui proses beberapa hari untuk mengubah posisinya dari horizontal ke posisi vertikal.

Helikopter Ingenuity Bersiap Lakukan Penerbangan Bersejarah di Mars




Sekarang Ingenuity sudah dipisahkan dari Perseverance dan secara mandiri akan menyerap daya melalui sinar matahari. Ingenuity akan menarik energi dari siar matahari menggunakan panel surya onboard.

Menurut Bob Balaram, Insinyur kepala pembuat Ingenuity, pemanas yang ada di Ingenuity akan menjaga helikopter mini tersebut tetap hangat melalui malam yang membekukan di Mars. "Karena suhu malam di Mars bisa sangat rendah, mencapai minus 130 derajat Fahrenheit," katanya.

BACA JUGA: 533 Juta Data Pengguna Facebook Dilaporkan Bocor, 130 Ribu dari Indonesia

Ditargetkan sebelum 11 April 2021, Ingenuity sudah mulai melakukan penerbangan bersejarahnya di Planet Mars. Rencananya, Ingenuity akan melakukan uji terbang sebanyak lima kali sebelum berkeliaran di planet merah tersebut.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA