Teknologi Pun Bisa Narsis, Perseverance Foto Selfie Bareng Ingenuity di Mars

Kamis, 08 April 2021 - 23:04 WIB
loading...
Teknologi Pun Bisa Narsis, Perseverance Foto Selfie Bareng Ingenuity di Mars
Beberapa hari setelah penjelajah Perseverance NASA meletakan helikopter Ingenuity ke permukaan Mars, rekan robot itu mengambil foto selfie. Foto/NASA
A A A
JAKARTA - Beberapa hari setelah penjelajah Perseverance NASA meletakan helikopter Ingenuity ke permukaan Mars, rekan robot itu mengambil foto selfie bersama pada hari Selasa dan mengirimkannya ke Bumi.

Dilansir CNN, Perseverance menggunakan lengan robotik yang terpasang kamera di ujungnya untuk mengambil foto. Sementara Helikopter Ingenuity terlihat berjarak sekitar empat meter di sisi kiri rover Perseverance.



Kamera yang digunakan Perseverance dikenal sebagai WATSON atau Sensor Topografi Sudut Lebar untuk Operasi dan eNgineering. Kamera ini bagian dari instrumen SHERLOC untuk Memindai Lingkungan Huni dengan Raman dan Luminescence untuk Organik dan Bahan Kimia.

Selfie tersebut mencakup 62 gambar individu yang disusun bersama oleh tim misi di Bumi. Ada juga gambar di mana Perseverance melihat kembali ke Ingenuity.

Teknologi Pun Bisa Narsis, Perseverance Foto Selfie Bareng Ingenuity di Mars


Helikopter Ingenuity disimpan di perut Perseverance sejak sebelum diluncurkan. Ketika terpisah dari penjelajah pada 3 April 2021, helikopter melewati tonggak penting: selamat dari malam Mars yang dingin tanpa bantuan penjelajah untuk menjaganya tetap hangat.

Penjelajah juga menggunakan kamera yang dapat diperbesar di tiangnya untuk menangkap tampilan detail Ingenuity yang duduk di permukaan Mars pada 5 April 2021.

Helikopter Ingenuity dilengkapi dengan kamera dan bisa mengambil gambar sendiri. Helikopter seberat 4 pon itu telah mengirimkan kembali gambar berwarna ukuran kecil dari permukaan Mars.



April dianggap sebagai bulan Ingenuity. Uji terbang pertama helikopter, yang akan menjadi penerbangan pertama yang digerakkan dan dikendalikan di planet lain, dijadwalkan pada 11 April 2021. Jika semua berjalan sesuai rencana, NASA akan membagikan hasil dari penerbangan tersebut pada 12 April 2021.

Tim helikopter telah menguji Ingenuity untuk memastikannya siap terbang. Para peneliti akan memeriksa cuaca dan pola angin lokal, menggunakan instrumen MEDA rover, atau Mars Environmental Dynamics Analyzer. Stasiun cuaca rover dapat merekam tingkat debu, kecepatan dan arah angin, tekanan, kelembaban relatif, suhu udara dan tanah, serta radiasi.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)