Ini Penyebab Cahaya Aneh di Langit Malang Usai Gempa Magnitude 6,1

Minggu, 11 April 2021 - 10:04 WIB
loading...
Ini Penyebab Cahaya Aneh di Langit Malang Usai Gempa Magnitude 6,1
Cahaya itu dipastikan oleh BMKG tak ada kaitannya dengan gempa yang kemarin terjadi. Foto/dok
A A A
MALANG - Usai peristiwa gempa magnitude 6,1 di Malang, warga dihebohkan dengan kemunculan cahaya aneh di langit . Cahaya itu dipastikan oleh BMKG tak ada kaitannya dengan gempa yang kemarin terjadi.

Kepala Stasiun Geofisika Malang, Ma’muru menjelaskan, tidak ada hubungan antara gempa dengan sinar aneh di langit Malang.

Gempa itu aktivitas di dalam Bumi yang disebabkan pergeseran lempeng Bumi. Sedangkan sinar itu terbentuk karena faktor cahaya matahari dengan awan.

"Jadi secara ilmiah, tidak ada hubungannya antara sinar aneh itu dengan gempa," katanya.

Diakui Ma'muri, ada laporan hujan deras di wilayah Kecamatan Selorejo, kabupaten Blitar yang berbatasan dengan Karangkates Kabupaten Malang.

Awan tebal masih terbentuk di daerah ini, sehingga sebagian sinar matahari mulai bergeser ke arah barat.

"Sinar itu tampaknya dari cahaya matahari yang tertutup awan tebal sehingga ada celah untuk pembiasan cahaya ," katanya.

Karena posisinya yang jauh, belum tentu semua daerah melihat cahaya aneh itu. Bisa jadi di daerah lain cahaya tersebut terlihat seperti pelangi sedangkan di daerah lainnya terlihat seperti cahaya yang aneh.

Sebelumnya diberitakan, pasca gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, terlihat cahaya aneh yang disebut lightsaber.

Terlihat beberapa orang netizen mem-posting penampakan sinar berwarna-warni yang muncul di balik gumpalan awan. Sinar aneh tersebut muncul di langit Blitar.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2110 seconds (0.1#10.140)