5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara

Minggu, 11 April 2021 - 18:02 WIB
loading...
A A A
Seorang profesor arkeologi di Pusat Penelitian Evolusi Manusia Australia Griffith University, Adam Brumm mengatakan, penemuan ini memberikan lebih banyak bukti bahwa Indonesia kuno adalah tempat untuk seni kuno lukisan gua.

Selain menjadi lukisan gua tertua di dunia, ini adalah karya seni representasional paling awal yang diketahui di dunia. Para peneliti meyakini, lukisan ini bukti paling awal dari manusia modern di Sulawesi.

5. Piramida Gunung Padang

5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara


Laporan pertama mengenai keberadaan situs ini dimuat pada Rapporten van de Oudheidkundige Dienst (ROD, "Buletin Dinas Kepurbakalaan") tahun 1914. Sejarawan Belanda, N. J. Krom juga telah menyinggungnya pada tahun 1949.

Krom menilai jika struktur situs Gunung Padang mirip dengan Piramida di Mesir. Situs ini diperkirakan pertama kali dibangun pada 8000 SM.

Usia situs Gunung Padang diperkirakan lebih tua dari Piramida di Mesir yang dibangun sekitar 2500 SM. Sementara peninggalan kota tua Mahenjo Daro dan Harrapa di India, dan budaya Mesopotamia berusia sekitar 3.000 tahun.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0805 seconds (0.1#10.140)