Berat Bumi Tiap Tahun Terus Berkurang, Bagaimana Nasib Manusia?

Senin, 12 April 2021 - 17:00 WIB
loading...
Berat Bumi Tiap Tahun Terus Berkurang, Bagaimana Nasib Manusia?
Setiap tahun massa Bumi terpangkas namun butuh 120.000 triliun tahun yang membuat massa Bumi habis. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan memperkirakan Bumi memperoleh sekitar 40.000 ton material setiap tahun dari pertambahan debu meteorik dan puing-puing dari luar angkasa.



Mereka juga memperkirakan sekitar 95.000 ton gas hidrogen hilang dari atmosfer Bumi ke luar angkasa setiap tahun. Meskipun ada proses lain yang terlibat, seperti hilangnya massa akibat peluruhan radioaktif di dalam inti Bumi (sekitar 160 ton per tahun), dan hilangnya helium dari atmosfer (sekitar 1.600 ton per tahun), ini adalah efek kecil.

Karena setiap tahun, sebut laman Science Focus, jumlah massa yang diluncurkan ke orbit Bumi dapat diabaikan jika dibandingkan, sekitar beberapa ratus ton. Oleh karena itu, perkiraan konservatif menyiratkan bahwa Bumi kehilangan sekitar 50.000 ton massa setiap tahun.



Kedengarannya banyak. Namun, karena massa Bumi sekitar 5,97 miliar triliun ton, dibutuhkan sekitar 120.000 triliun tahun untuk menghilang sepenuhnya pada laju penipisan ini. Itu artinya jutaan kali umur Bumi.

Faktanya, ini jutaan kali umur Semesta! Jadi, hilangnya massa ini tidak berpengaruh pada planet Bumi - atau pada manusia. Jadi makhluk Bumi, terutama manusia, tak perlu khawatir dengan terpangkasnya massa planet ini setiap tahunnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)