Bumi Rentan dari Ancaman Luar Angkasa, Ini yang Dilakukan NASA dan ESA

Rabu, 21 April 2021 - 07:15 WIB
loading...
Bumi Rentan dari Ancaman Luar Angkasa, Ini yang Dilakukan NASA dan ESA
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Gagasan tentang ancaman terhadap Bumi dari luar angkasa terdengar seperti fiksi ilmiah. Kendati begitu, pada tingkat tertentu planet Bumi terlalu rentan terhadap ancaman dari luar angkasa. Perlu diingat bagaimana asteroid raksasa yang memusnahkan dinosaurus 65 juta tahun yang lalu.

Untungnya, kejadian asteroid mengancam Bumi sangat jarang tetapi fenomena alam lainnya, seperti badai matahari, dapat menyerang dari luar angkasa lebih sering. Ini memiliki sedikit efek langsung pada makhluk hidup, tetapi dapat mendatangkan malapetaka pada sistem elektronik, terutama teknologi berbasis satelit.



Lebih buruk lagi, proliferasi satelit buatan manusia ternyata telah menciptakan bahaya luar angkasa sendiri. Puing-puing dari satelit yang sudah usang atau material dari pesawat luar angkasa yang mengorbit berpotensi menghancurkan satelit lain.

Di Amerika Serikat, untuk menangani ancaman ini adalah tanggung jawab NASA dan Angkatan Luar Angkasa AS. Sedangkan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional memantau "cuaca luar angkasa", dan Kantor Koordinasi Pertahanan Planet NASA mengoordinasikan pencarian asteroid yang berpotensi berbahaya dan objek dekat Bumi (NEO) lainnya.

Sebaliknya, Badan Antariksa Eropa (ESA) telah menyatukan semua aktivitas ini di bawah payung program Kesadaran Situasional Luar Angkasa . Didirikan pada tahun 2009, program ini dibagi menjadi tiga segmen yang meliputi puing-puing ruang angkasa, cuaca antariksa, dan NEO.

Masalah dengan Puing-puing Antariksa

Satelit tempat manusia bergantung untuk komunikasi, navigasi, dan pemantauan lingkungan berada di bawah ancaman yang meningkat dari sampah yang ada di orbit bersama mereka. Sampah ini termasuk satelit terlantar dan tahap roket yang digunakan untuk meluncurkannya.

Sayangnya, benda-benda tersebut memiliki kecenderungan untuk bertambah banyak karena ledakan yang disebabkan oleh bahan bakar sisa dan sebagian lagi karena tabrakan.



Hasilnya, ribuan keping yang lebih kecil memiliki risiko yang sama besarnya dengan objek aslinya, karena kecepatannya yang tinggi dan fakta bahwa mereka semua bergerak pada orbit yang sedikit berbeda.

Namun, itulah yang harus dilakukan oleh segmen Pengawasan dan Pelacakan Luar Angkasa dari program Kesadaran Situasional Luar Angkasa ESA. Ini menggunakan jaringan teleskop, radar, dan stasiun jarak laser untuk mendeteksi dan melacak objek, dan kemudian memproses data yang dihasilkan di kontrol misi ESA di Darmstadt, Jerman. Kontrol misi kemudian akan mengeluarkan peringatan jika tindakan mengelak dianggap perlu.

Sistem ini bekerja dengan baik saat ini, tetapi tidak selalu demikian, BBC melaporkan. Jumlah satelit baru yang diluncurkan lebih tinggi dari yang pernah ada, sementara jumlah objek yang terpisah-pisah meningkat.

Kekhawatirannya adalah bahwa jumlah puing-puing ruang angkasa dapat mencapai titik kritis di mana di luar itu terdapat aliran tabrakan yang terjadi secara terus menerus. Dikenal sebagai sindrom Kessler, ini akan membuat orbit tertentu tidak dapat digunakan jika terus tidak diatasi.



Karena alasan ini, ESA sedang mempertimbangkan metode untuk menghilangkan puing-puing ruang angkasa secara aktif. Misi ClearSpace-1-nya, yang direncanakan diluncurkan pada tahun 2025, akan menjadi yang pertama di dunia yang menghilangkan potongan puing ruang angkasa dari orbit.

ClearSpace-1 akan menargetkan bagian tertentu dari sampah luar angkasa - 220-lb. (100 kilogram) adaptor muatan yang disebut Vespa yang digunakan ESA pada tahun 2013 untuk menyebarkan satelit.

Setelah bertemu dengan Vespa, ClearSpace-1 akan memegangnya dengan lengan robot, lalu menembakkan roketnya untuk keluar dari orbit. Rencananya, baik ClearSpace-1 dan Vespa akan terbakar saat masuk kembali ke atmosfer bumi.

Meski ada ribuan keping sampah antariksa, ancaman paling serius justru datang dari benda-benda terbesar.

Pada Kongres Astronotika Internasional pada bulan Oktober 2020, Darren McKnight dari perusahaan Centauri mempresentasikan daftar 50 objek puing yang "secara statistik paling memprihatinkan", yang juga dilaporkan dalam jurnal Acta Astronautica.



Ini diberi peringkat tidak hanya berdasarkan ukuran, tetapi juga berdasarkan persistensi orbitnya dan kemungkinan bertabrakan dengan objek lain.

Lebih dari 75% dari 50 teratas dihabiskan untuk tahap peluncuran yang tetap berada di orbit, sementara 80% berasal dari abad lalu, sebelum badan antariksa mulai mengambil tindakan khusus untuk membatasi puing-puing orbital.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)