Bisakah Memotret Bulan dengan Jelas Hanya Gunakan Kamera Ponsel?

Kamis, 22 April 2021 - 21:11 WIB
loading...
Bisakah Memotret Bulan dengan Jelas Hanya Gunakan Kamera Ponsel?
Hasil foto bulan yang sangat jelas menggunakan kamera samsung Galaxy S21 Ultra. Foto: dok Lucky Sebastian
A A A
JAKARTA - Bulan merupakan obyek angkasa yang paling sering kita lihat, tapi bisakah kita mengabadikan foto bulan dengan jelas hanya menggunakan kamera di ponsel?

Pengamat teknologi Lucky Sebastian mencoba membuktikannya. Menggunakan smartphone Galaxy S21 Ultra 5G, Lucky mengabadikan foto bulan dengan sangat jelas.



”Setelah beberapa purnama lewat di Bandung dan tertutup awan, setengah bulan ini akhirnya muncul dengan jelas,” beber Lucky yang memang tinggal di Bandung.
Menurut Lucky, kamera Galaxy S21 Ultra 5G memang sudah melakukan perbaikan di hardware dibandingkan versi sebelumnya. Juga, beberapa kali memperbarui software zoom 100x.

Bisakah Memotret Bulan dengan Jelas Hanya Gunakan Kamera Ponsel?

Bahkan, foto yang diambil Lucky diabadikan tanpa menggunakan tripod. ”Hanya smartphone yang dipegang tangan biasa. Ternyata zoom jauh itu sangat berguna. Selain bisa mengunci (lock), ada ada jendela tambahan yang memudahkan mengintip dimana posisi objek yang ingin di foto. Karena saat zoom makssimal kita mudah kehilangan obyeknya,” tutur Lucky panjang lebar.

Tentu saja kemampuan smartphone memotret bulan bukan sekadar dipengaruhi lensa dan ukuran sensor. Tapi, juga benaman teknologi kecerdasasn buatan.

”Samsung membenamkan aplikasi super resolution dari Arcsoft berbasis machine learning (AI), sehingga foto bulan dengan jarak 384.400 km bisa ditangkap hingga kawah-kawahnya,” ungkap Lucky.

Bulan sendiri memiliki diameter 3,475 kilometers yang lebih besar dari Pluto. Bumi memiliki diameter sekitar 12.742 km. Ukuran bukan adalah 27 persen lebih kecil dibandingkan bumi.

Bumi memiliki gravitasi sebesar 9,8m/s², Sementara gravitasi di bulan jauh lebih kecil, yaitu 1,62m/s².

Gravitasi di bulan lebih kecil dan lemah karena ukurannya yang lebih kecil. Berbeda dengan bumi, bulan tidak punya atmosfer. Karena bulan memiliki ukuran lebih kecil dengan medan magnet lemah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3581 seconds (0.1#10.140)