Percobaan Kedua, Helikopter Ingenuity Terbang Lebih Tinggi di Mars

Jum'at, 23 April 2021 - 12:00 WIB
loading...
Percobaan Kedua, Helikopter Ingenuity Terbang Lebih Tinggi di Mars
NASA sukses melakukan uji coba penerbangan kedua helikopter Ingenuity di Mars pada Kamis (22/4) waktu setempat.
A A A
CALIFORNIA - NASA sukses melakukan uji coba penerbangan kedua helikopter Ingenuity di Mars pada Kamis (22/4) waktu setempat. Pada percobaan kali ini, Ingenuity berhasil mengudara selama 52 detik dan mencapai ketinggian 5 meter di atas Kawah Jezero Mars.

Penerbangan keduanya dilakukan hanya berselang tiga hari setelah membuat sejarah dengan penerbangan perdana yang digerakkan dan dikendalikan di dunia di luar Bumi.



Kali ini Ingenuity diminta untuk mendaki hingga 5 meter, melayang-layang, sedikit miring dan bergerak ke samping sejauh 2 meter.

"Kemudian Ingenuity akan berhenti, melayang di tempat dan berbelok untuk mengarahkan kamera warnanya ke arah yang berbeda sebelum kembali ke tengah lapangan terbang untuk mendarat," tulis manajer proyek Ingenuity MiMi Aung, dikutip laman Space, Jumat (23/4/2021).

Sebelumnya, pada penerbangan pertama helikopter seberat 1,8 kilogram itu naik hingga ketinggian 3 meter dan kembali ke darat dalam tempo 39,1 detik. pada Senin (19/4).

Ingenuity sendiri mendarat di PlanetMerah itu pada 18 Februari. Helikopter mini itu dibawa di dalam kendaraan penjelajah Perseverance, yang dikirim ke Mars dalam misi mencari pertanda kehidupan mikroba di masa lalu.

Adapun misi Ingenuity adalah membuktikan bisa melakukan penerbangan di Mars. Penerbangan di Mars sangat menantang karena perbedaan antara planet itu dengan Bumi. Perbedaan yang paling utama adalah atmosfer Mars hanya memiliki ketebalan kurang dari 1% Bumi.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)