KRI Nanggala 402 Tenggelam, Ternyata Indonesia Punya Banyak Cekungan Palung Mengerikan

Senin, 26 April 2021 - 19:43 WIB
loading...
KRI Nanggala 402 Tenggelam, Ternyata Indonesia Punya Banyak Cekungan Palung Mengerikan
Kapal selam buatan Jerman, KRI Nanggala 402 . FOTO/ IST
A A A
BALI - Kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak telah ditemukan di perairan Bali. Dimana jaraknya 1.500 yard ke Selatan dari letak tenggelamnya kapal pertama kali dengan kedalaman 838 meter.

Pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 masih terus dilakukan, setelah dilaporkan hilang kontak di perairan sekitar 60 mil atau sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali.

Seperti dilansir dari websit Oceans, Laut utara Bali itu termasuk kategori palung laut yang disebut sebagai Palung Laut Bali-Flores. Menyambung sampai ke laut Flores yang merupakan laut yang dalam.
BACA JUGA - Retakan Bertahap di KRI Nanggala 402 Membuat Sonar Tak Membaca

Selain itu, di dekat Selat Lombok kedalaman laut sampai 1,3 kilometer. Sedangkan di utaranya Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng, Bali, itu sekitar 700 meter.

Dia menjelaskan, perairan yang ditetapkan sebagai latihan TNI Angkatan Laut itu mulai dari Perairan Bayuwangi, Jawa Timur, sampai ke Utara Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

Kalau kondisi arus laut di Utara Bali memang termasuk arus global yang arusnya relatif kuat dan memutar. Arus kuat itu, karena dari arus besar pasifik yang masuk ke selat Makassar, lalu terus ke arah selatan dan menuju selat Lombok hingga ke Samudera Hindia.

Kemudian dari sebagian arus itu sekitar 10 hingga 20 persen terbawa ke timur dan memutar lagi dan masuk lagi ke Selat Lombok.

Nantinya, arus dari selat Makassar itu ke barat. Lalu, memutar lagi ke timur di selatannya Pulau Kangean dan berbelok lagi ke selatan. Nanti ke timur dan sebagian ke selat Bali dan sebagian ke timur. Maka dengan kondisi begitu terjadi arus balik ke Utara Bali.

Tak hanya Palung Mariana, Indonesia juga mempunyai Cakung terdalam yakni Palung Sunda tentunya berada di Indonesia, lebih tepatnya di bagian timur laut Samudera Hindia. Palung ini juga memiliki nama lain, yakni Cekungan Jawa, dengan luas mencapai 7.725 meter. Untuk ukuran cekungannya sendiri mencapai 2.600 kilometer.

Palung laut adalah salah satu objek alam yang berada di dasar laut yang berupa cekungan. Palung ini banyak sekali ditemukan di dalam laut bumi. Tentu saja dengan kedalaman yang berbeda-beda. Jika ingin mengenalnya lebih jauh, simak ulasannya berikut ini.
Pengertian Palung Laut

Palung adalah cekungan di dasar laut yang ukurannya sebenarnya sempit, namun sangat dalam. Bentuk dari palung ini adalah menjorok ke dalam seperti jurang.

Selain itu, karena sering disebut dengan jurang, tentu kedalamannya pun cukup fantastis. Sejauh ini pun ada banyak palung laut terdalam yang sudah tercatat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)