Waspadai Tiga Gejala Long Covid-19 Terbanyak di Indonesia Ini

Kamis, 29 April 2021 - 18:20 WIB
loading...
Waspadai Tiga Gejala Long Covid-19 Terbanyak di Indonesia Ini
Sampai saat ini Indonesia masih terus meneliti mengenai long Covid-19. Tampak proses vaksinasi lansia di kota Bogor. Foto: dok Halodoc
A A A
JAKARTA - Beberapa penyintas Covid-19 tidak sepenuhnya sembuh. Meski mereka dinyatakan negatif dua kali tes. Tapi ada gejala yang tetap bertahan di tubuhnya. Ini yang kemudian disebut dengan long Covid-19 atau post Covid-19 syndrome.



Di Indonesia sendiri, isu long Covid-19 ternyata belum banyak diteliti. Namun, menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Mitra Keluarga Kalideres, dr Paskalis Gunawan, SpPD, ada beberapa gejala long Covid-19 yang terdeteksi di Indonesia.

"Penelitian mengenai long Covid-19 di Indonesia belum begitu banyak. Namun, penelitian pendahulu mengatakan 30-40% pasien Covid-19 di Indonesia mengalami long Covid-19," terangnya dalam webinar 'Seberapa Penting Vaksin Covid-19' yang diinisiasi MNC Life beberapa waktu lalu.

Dokter Paskal melanjutkan, ada tiga gejala paling banyak dilaporkan dari fenomena long Covid-19 di Indonesia. Gejala tersebut ialah capek, sesak napas, dan lemas.

"Tapi, gejala tersebut masih terus diteliti untuk memastikan apakah 3 gejala itu berasal dari post Covid-19 syndrome atau ada faktor lain," katanya.

Jadi artinya, sampai saat ini Indonesia masih terus meneliti mengenai long Covid-19. Kemudian, dari 3 gejala terbanyak dialami yang ditemukan itu masih diselidiki lagi apakah ada kaitannya dengan Covid-19 sebelumnya atau memang itu sifat bawaan dari si pasien.


"Kami belum bisa memastikan, misalnya gejala capek dan lemas, itu apakah long Covid-19 si pasien atau memang pasiennya orangnya malas-malasan. Semoga penelitian lebih lanjut bisa menjawab hal ini," tambah dr Paskal.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)