Ilmuwan Ini Ungkap Rahasia Sumur Zamzam Tak Pernah Kering

Rabu, 05 Mei 2021 - 05:30 WIB
loading...
Ilmuwan Ini Ungkap Rahasia Sumur Zamzam Tak Pernah Kering
Sumur Zamzam di Makkah diketahui sudah berusia 4.000 tahun dan selama itu airnya sudah diambil jutaan jamaah haji dan umrah namun kenapa tidak pernah kering? Foto/dok
A A A
KAIRO - Sumur Zamzam di Makkah diketahui sudah berusia 4.000 tahun dan selama itu airnya sudah diambil jutaan jamaah haji dan umrah namun kenapa tidak pernah kering?

Profesor geologi dan sumber daya air di Institut Penelitian Afrika Abbas Sharaqi mengatakan, sumur Zamzam di Makkah tidak pernah kering karena terhubung dengan air tanah terbarukan. Karena itu, air Zamzam ini dianggap berkah bagi umat Islam.



Seperi diketahui, Sumur Zamzam berasal dari zaman Ismail Ibn Ibrahim dan terletak di sebelah timur Kakbah Suci, di dekat halaman Masjid Al-Haram.

Dokumen sejarah menunjukkan bahwa kedatangan Ismail ke Makkah pada tahun kelahirannya, sekitar tahun 1910 sebelum masehi merupakan tahun munculnya Zamzam .

Antara hari ini dan pertama kali muncul air Zamzam kira-kira 4.000 tahun sesuai kalender Hijriah. Hal ini segera menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana air Zamzam tidak pernah habis selama ribuan tahun?

Penjelasan ilmiah dari Profesor Sharaqi, tidak adanya penipisan dalam geologi berarti bahwa air dapat diperbarui secara alami. "Air tanah dapat diperbarui, seperti di sumur Zamzam,” katanya seperti dikutip Egypttoday.



Dia menambahkan, Mesir memiliki Gurun Barat, reservoir Batu Pasir Nubian yang terletak di oasis. Namun, itu tidak dapat diperbarui.

“Air Zamzam adalah air terbarukan. Sumber airnya berasal dari hujan. Makkah adalah daerah pegunungan dan salah satu lembahnya menampung sumur Zamzam di dataran rendah,” kata Sharaqi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2933 seconds (0.1#10.140)