Prototipe Roket Starship SpaceX SuksesTerbang dan Mendarat dengan Selamat

Jum'at, 07 Mei 2021 - 12:00 WIB
loading...
Prototipe Roket Starship SpaceX SuksesTerbang dan Mendarat dengan Selamat
Starship SN15 akhirnya bisa melakukan penerbangan dan mendarat dengan selamat. Foto/IST
CALIFORNIA - SpaceXberhasil meluncurkan prototipe roket Starship dan kembali mendarat dengan selamat ke Bumi.

Dalam uji coba kali ini, Starship SN15 lepas landas di lokasi uji Starbase SpaceX, di Boca Chica, Texas, pada pukul 18:24 waktu setempat.

Roket berhasil mengudara di ketinggian 10 kilometer dan melakukan serangkaian manuver. Saat mencapai ketinggian puncak, tiga mesin Raptor SN15 secara bertahap mati untuk mulai jatuh bebas horizontal kembali ke Bumi.

Baca juga : Inden Panjang Bisa Batalkan Pemesanan Mobil-mobil Relaksasi PPnBM



Mendekati daratan, dua mesin dinyalakan kembali untuk melakukan “manuver flip pendaratan” yang kompleks, di mana roket mengubah posisi atau reposisi sendiri secara vertikal menjelang pendaratan yang mulus.

Keberhasilan ini terjadi untuk pertama kalinya setelah empat kali percobaan yang mengalami masalah saat melakukan manuver pendaratan. Keempat roket sebelumnya meledak dan hancur berkeping-keping di udara sebelum sempat mendarat.

CEO SpaceX, Elon Musk, mengatakan SN15 memiliki ratusan peningkatan desain di seluruh struktur, avionik / perangkat lunak dan mesin.

Baca juga : Ini Dia Jeep Perang Dunia Kedua dengan Jantung Dari Tesla

Pesawat antariksa Starship SpaceX dibuat untuk mengirim manusia dan 100 ton kargo pada misi masa depan ke Bulan dan Mars.

Starship sendiri menjadi misi ambisius Musk untuk bisa membawa manusia ke luar angkasa. Kesuksesan ini juga menjadi pertanda baik bagi SpaceX untuk mendapatkan dana senilai 2,9 miliar dollar atau setara Rp 42 triliun dari NASA.
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA