China Jamin Serpihan Roket Long March 5B Aman

Sabtu, 08 Mei 2021 - 06:02 WIB
loading...
China Jamin Serpihan Roket Long March 5B Aman
Roket Long March 5B yang membawa modul luar angkasa Tianhe lepas landas dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di Hainan, Cina. -FOTO.AFP
A A A
BEIJING - Otoritas China mengatakan risiko yang ditimbulkan oleh roket Long March 5B sangat rendah setelah Amerika Serikat (AS) memperingatkan bahwa roket tersebut dapat jatuh di daerah berpenduduk.

Pakar militer AS sebelumnya memperkirakan fragmen roket akan jatuh atau jatuh sekitar besok atau lusa, tetapi tidak dapat mengidentifikasi kapan dan lokasi pasti roket itu akan jatuh.

Namun, Beijing menolak peringatan yang dikeluarkan AS. BACA JUGA - Tragedi Sate Sianida di Bantul, Bagaimana Racun Itu Begitu Mematikan?

Kemungkinan fragmen roket akan menjadi ancaman bagi publik dan aktivitas apapun di darat sangat rendah.

"Sebagian besar komponen roket akan hancur ketika memasuki atmosfer bumi dan semua pihak akan diberitahu tentang perkembangan apapun dari waktu ke waktu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin.

Roket Long March 5B yang diluncurkan Kamis lalu dari Pulau Hainan dilaporkan di luar kendali dan seharusnya mendarat di bumi.

Roket tersebut dilaporkan membawa modul 'Tianhe' yang berisi ruang perempat untuk tiga anggota awak di stasiun luar angkasa permanen China.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)