China Konfirmasi Robot Pertamanya telah Berhasil Mendarat di Mars

Minggu, 16 Mei 2021 - 09:00 WIB
loading...
China Konfirmasi Robot Pertamanya telah Berhasil Mendarat di Mars
China menjadi negara kedua yang berhasil melakukannya setelah mengatasi dinamika pendaratan di Mars yang menegangkan. Foto/Ist.
A A A
BEIJING - Pada Jumat kemarin, media yang berafiliasi dengan pemerintah China mengumumkan bahwa negaranya berhasil mendaratkan pasangan robot pertamanya di permukaan Mars.

China menjadi negara kedua yang berhasil melakukannya setelah mengatasi dinamika pendaratan di Mars yang menegangkan.

Pesawat luar angkasa Tianwen-1 milikChina mengeluarkan paket pendarat penjelajah saat mendarat di Mars sekitar pukul 19:00 ET, dan memulai misi untuk mempelajari iklim dan geologi di Planet Merah.



Melansir dari The Verge, Minggu (16/5/2021), misi tersebut menandai perjalanan independen pertama China ke Mars yang sekitar 200 juta mil jauhnya dari Bumi.

Sebelumnya, ada NASA yang berhasil mendaratkan dan mengoperasikan penjelajah di planet ini. Lalu pesawat luar angkasa Mars 3 milik Uni Soviet pernah mendarat di planet ini pada tahun 1971, dan berkomunikasi selama sekitar 20 detik sebelum tiba-tiba menjadi gelap.

Kali ini, misi China melibatkan tiga pesawat ruang angkasa yang bekerja bersama dan sangat rumit bagi pemula.

China akan membentangkan tanjakan dan mengerahkan penjelajah Zhurong China, robot kendaraan surya beroda enam yang dinamai dari dewa api dalam mitologi Cina kuno.

Rover membawa serangkaian instrumen onboard, termasuk dua kamera, Radar Eksplorasi Bawah Permukaan Mars-Rover, Detektor Medan Magnet Mars, dan Monitor Meteorologi Mars.

Pesawat ruang angkasa Tianwen-1 diluncurkan dari Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang, di provinsi Hainan China pada tanggal 23 Juli tahun lalu, dan menjadi pemula dari perjalanan tujuh bulan ke Planet Merah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4044 seconds (0.1#10.140)