Rover Zhurong China Bagikan Foto Pertama di Mars

Kamis, 20 Mei 2021 - 12:01 WIB
loading...
Rover Zhurong China Bagikan Foto Pertama di Mars
Rover Zhurong milik China di Mars. FOTO/ IST
BEIJING - Rover atau penjelajah Mars miliki China bernama Zhurong dilaporkan telah mengirim gambar pertamanya ke Bumi. Gambar itu menunjukkan kesuksesan Zhurong mendarat di permukaan planet Mars.

Zhurong, yang merupakan nama dewa api dalam mitologi negeri Panda itu dibawa menggunakan pesawat Tianwen-1. Rover tersebut telah berhasil mencapai permukaan Mars setelah mendarat di dataran luas yang disebut Utopia Planitia.

BACA JUGA - Tidak Ada Gempa, Gedung Pencakar langit di China Goyang-Goyang

Foto yang dirilis oleh Adminisrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA) menunjukkan platform pendaratan dan jalur keberangkatan untuk penjelajah, serta panel surya dan antena.

Zhurong sekarang sedang melakukan persiapan akhir sebelum meninggalkan platform pendaratan dan memulai misinya.

Keberadaan Zhurong di planet Mars menjadikan China sebagai negara kedua, setelah Amerika, yang berhasil mengirim rover untuk menyelidiki permukaan Mars dan mengoperasikannya untuk jangka waktu yang cukup lama.

Tianwen-1 diluncurkan dari Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang di provinsi Hainan China pada tanggal 23 Juli tahun lalu dan memulai perjalanan tujuh bulannya ke Planet Merah.



Sekarang, Zhurong bersiap untuk menjelajahi Utopia Planitia, dengan begitu China memiliki laboratorium robotik pertamanya di Mars. Instrumen penjelajah akan bekerja untuk mempelajari geologi dan iklim planet selama misi 90 hari.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA