Besok Gerhana Bulan Total Dapat Dilihat Jelas di Wilayah Ini

Selasa, 25 Mei 2021 - 09:01 WIB
loading...
Besok Gerhana Bulan Total Dapat Dilihat Jelas di Wilayah Ini
Besok, para pecinta astronomi di Indonesia bisa menyaksikan pemandangan langka gerhana bulan total atau super blood moon. Foto: dok/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Besok, para pecinta astronomi di Indonesia bisa menyaksikan pemandangan langka gerhana bulan total atau super blood moon. Gerhana bulan ini sudah melakukan fase sekitar pukul 15.46 WIB dan akan berakhir sekitar puku 20.51 WIB, Rabu 26 Mei 2021.

Dilansir situs BMKG, gerhana bulan total terjadi ketika posisi bulan-bumi-matahari berada pada garis sejajar. Saat puncak gerhana, bulan akan terlihat merah sehingga disebut super blood moon.



Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono, untuk mencapai fase sempurna menjadi super blood moon , bulan akan menjalani beberapa tahapan. "Fase ini akan terlihat berbeda di beberapa wilayah di Indonesia," ujarnya di situs BMKG.

Fase Awal Gerhana Bulan akan terjadi pada pukul 15.46 WIB, yang melintas memotong Papua bagian tengah, sehingga masyarakat di provinsi Papua dapat menyaksikan seluruh proses secara langsung.



Kemudian, fase berikutnya dimulai sekitar pukul 16.44 WIB dan akan terlihat juga di wilayah Indonesia Timur, Pulau Sulawesi bagian Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Sekitar pukul 18.09 WIB, fase gerhana bulan total mulai terjadi sehingga masyarakat di hampir seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan langsung fenomena langka ini, kecuali Sumatera Utara dan Aceh.

Fase gerhana bulan total mulai berkurang sekitar pukul 18.28 WIB. Dan fase gerhana bulan ini akan berakhir pada pukul 20.51 WIB.



Sayangnya, tidak seluruh wilayah di Indonesia dapat menyaksikan fenomena ini karena kondisi cuaca yang berawan seperti di sebagian wilayah Sumatera Utara dan Aceh.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)