Berlangsung Selama 5 Jam, Deretan Fakta Gerhana Bulan Total Hari Ini

Rabu, 26 Mei 2021 - 13:25 WIB
loading...
Berlangsung Selama 5 Jam, Deretan Fakta Gerhana Bulan Total Hari Ini
ilustrasi fenomena alam gerhana bulan total. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Keindahan Gerhana Bulan Total (GBT) merupakan fenomena yang menarik dan dinanti banyak orang. Malam nanti, GBT akan kembali muncul dan terlihat di banyak negara.

Berikut ini deretan fakta terkait GBT hari ini, Rabu (26/5/2021), dihimpun dari berbagai sumber.

Fakta

- Gerhana Bulan kali ini cukup unik karena beriringan dengan terjadinya Perige, yakni ketika Bulan berada di jarak terdekat dengan Bumi.

BACA JUGA - Gerhana Bulan Total, Keindahan Ciptaan Tuhan Ini Akan Terlihat di Langit Besok

- Kelebihan GBT kali ini juga terjadi bertepatan dengan detik-detik Waisak, yakni pada 15 sukaplaksa (paroterang).

- Pada saat Bulan purnama, Bulan dan Matahari akan berada pada satu garis lurus sedemikian rupa, sehingga cahaya Matahari dapat menerangi permukaan Bulan secara maksimal, dengan Bumi berada di antara keduanya.

Dengan begitu, Bulan akan tampak bulat sempurna dipandang dari Bumi. Kedudukan membentuk garis lurus seperti ini dikenal dengan istilah oposisi atau istiqbal.

- Secara global, GBT kali ini dapat disaksikan di Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, Oseania, dan sebagian besar benua Amerika kecuali Kanada bagian timur, Kepulauan Virgin sampai dengan Trinidad-Tobago, Brazil bagian timur, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis, termasuk Indonesia.

- Seluruh proses gerhana, akan berlangsung selama 5 jam 5 menit dan 2 detik. Sedangkan proses gerhana totalnya, sejak awal fase total hingga akhir fase total akan berlangsung selama 18 menit 44 detik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2630 seconds (10.101#12.26)