Punya Sensor Canggih, Pesawat Intai Israel Bisa Gocek Radar Malaysia dan Indonesia

Kamis, 27 Mei 2021 - 12:01 WIB
loading...
Punya Sensor Canggih, Pesawat Intai Israel Bisa Gocek Radar Malaysia dan Indonesia
Ilustrasi ATC Menara pengawas jalur pesawat terbang. FOTO/ IST
JAKARTA - Heboh pesawat intai Israel Boeing 737-400 milik Israel Aerospace Industries - Elta Electronic Industries (IAI-Elta) yang masuk kawasan Asia Tenggara Malaysia dan Singapura bukan pesawat Boeing 737 Series biasanya.

Pasalnya Boeing 737-400 milik Israel memiliki sensor anti radar canggih yang tak bisa diremehkan, Menurutnya, ada kemungkinan pesawat sedang menguji sistem terbaru dan penerbangan jarak jauh untuk melihat keefektifan peralatan yang diuji.

BACA JUGA - Melintasi Malaysia, Pesawat Intai Israel Melakukan Kalibrasi Radar di Singapura?

Seperti dilansir dari rt.com, Pesawat Boeing 732-400 dengan nomor registrasi 4X-AOO milik IAI-Elta merupakan pesawat intelijen elektronik tercanggih. teknologi mampu mengacak radar sehingga tak terbaca di negara yang dilintasi.



Dengan sistem radar AESA dual-phased array ELTA 2085 (disebut Nahshon Eitam) yang digunakan oleh pesawat G550 yang sudah berumur lebih dari 10 tahun, maka kemungkinan besar perlu perbaikan / upgrade dari pabrikannya (Original Equipment Maker-OEM).

Elta Electronics memang perusahaan yang sangat dihormati dalam hal radar dan elektronik dan tentunya memiliki banyak pengguna di seluruh dunia termasuk Singapura.

Berikut ini spesifikasi pesawat Trigana Air Boeing 737-400:

1. Panjang, lebar, dan tinggi Boeing 737-400

Boeing 737-400 memiliki panjang 36,4 meter. Lebar kepakan sayapnya sendiri 28,9 meter dan memiliki ketinggian 11,1 meter dari tanah hingga ujung ekor atas.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA