Pemuda India Rancang Robot untuk Bantu Petugas Medis Rawat Pasien Covid-19

Jum'at, 28 Mei 2021 - 08:03 WIB
loading...
Pemuda India Rancang Robot untuk Bantu Petugas Medis Rawat Pasien Covid-19
Ilustrasi Penanganan virus Covid-19 oleh tim ahli. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Seorang remaja di India membuat robot untuk membantu staf medis yang terlibat langsung dalam merawat pasien terinfeksi COVID-19.

Akansha (20), seorang mahasiswa jurusan teknik telah mengembangkan "robot perantara" yang membantu pemeriksaan dasar pasien.

Mahasiswa muda itu berkata dengan bantuan ayahnya dia mengembangkan robot tersebut untuk membantu para dokter dan praktisi medis. "Bersama ayah saya, Yogesh Kumar kami mengembangkan robot perantara ini dan berharap bisa menyelamatkan nyawa beberapa dokter dan tenaga medis," kata Akansha, dikutip dari NDTV, Kamis (27/5/2021).

Dia merancang robot yang dapat melakukan pemeriksaan medis dasar terhadap pasien yang terinfeksi Covid-19 dan dengan basis daya waktu nyata.

Selain itu, dengan bantuan robot ini, jumlah glukosa dalam darah, jumlah oksigen dalam darah, detak jantung, suhu, tekanan darah, berat badan, EKG dll dapat diperiksa dengan stetoskop nirkabel.

“Fungsi dasar robot adalah untuk mengirimkan obat, makanan, air, nebulizer dan oksigen dll kepada orang yang terinfeksi,” ungkapnya

Ia menambahkan bahwa robot tersebut dapat berputar hingga 360 derajat dengan menggunakan kamera penglihatan resolusi tinggi yang dipasang di atasnya.

Dia menjelaskan bahwa "robot perantara" itu juga bisa melakukan pengawasan rumah sakit seperti komunikasi melalui konferensi video antara dokter dan pasien.

Robot juga dapat membantu dalam melakukan konferensi video di ruang publik seperti stasiun kereta api, halte bus, kantor dan sebaginya dengan menggunakan kode QR yang unik. Dengan bantuan teknik ini, dokter dapat memberikan resep secara virtual kepada pasien yang sedang isolasi mandiri di rumah.

Akanksha telah terpilih untuk putaran final Penghargaan Vishwakarma untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik India yang ada di bawah Kementerian Sumber Daya Manusia, Pemerintah India.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)